Akhir Pekan Di Car Free Day Jakarta

car free daySemakin hari jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat, terutama di kota-kota besar. Kendaraan-kendaraan tersebut nampak menjadi lautan motor kala jam-jam sibuk di perkotaan. Bukan hanya kemacetan parah yang dihadapi namun juga kulitas udara yang semakin tak bersahabat. Emisi gas dari kendaraan-kendaran tersebut tanpa sadar dihisap oleh warga kota dan menjadi racun yang perlahan ditimbun dalam paru-paru mereka. Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah kota mengeluarkan berbagai kebijakan dan program yang bisa mengurangi dampak dari lautan kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya adalah dengan peluncuran program satu hari bebas kendaraan bermotor yang biasa disebut Car Free Day. Meski hanya berlangsung di ruas jalan-jalan tertentu dan hanya satu kali seminggu, namun program ini banyak diminati warga  kota, dan tentunya cukup membantu mengurangi polusi kota.

car free dayDi Jakarta sendiri, program Car Free Day telah dilangsungkan sejak tahun 2008. Program ini juga mampu meningkatkan animo masyarakat untuk berolahraga. Tak hanya berolahraga, namun warga ibukota juga akan dihibur dengan berbagai acara yang berbeda di setiap minggunya. Dan untuk hari Minggu besok, tanggal 15 Maret 2015, ada sekitar 31 pihak yang akan mmeberikan hiburan dan acara menarik lainnya untuk warga yang mengikuti Car Free Day. Anda bisa melakukan sepeda anda secara gratis di gerai UNITED BIKE yang berada di Jl. Teluk Betung, gerai POLYGON di Jl. Blora dan JEFFERYS INDONESIA yang ada di Jl. Purworejo. Selain itu anda juga bisa menyaksikan Simulasi Parkir Sepeda yang diadakan UNITED BIKE, sementara Polygon menggelar Simulasi Bike Line, Pembagian Minuman, Fun Games dan Water Refill.

senam CFD JKTAnda juga bisa bergabung mengikuti gerakan senam yang diadakan oleh beberapa pihak, seperti MANAN FOUNDATION yang ada di Jl. Teluk Betung, DIREKTORAT JENDERAL PAJAK yang ada Jl. Imam Bonjol (sekaligus menggelar Fun Walk Sosialisasi e-Filing), PENGURUS PUSAT SPESIAL OLYMPICS INDONESIA yang menggelar senam aerobik di Patung Sudirman Sisi Timur. Sementara Patung Sudirman Sisi Barat akan digunakan oleh RSCM (PERNEFRI) untuk Funwalk Hari Ginjal Sedunia 2015, Sosialisasi Pencegahan Penyakit Ginjal, Senam Aerobic, Talkshow dan Cek Kesehatan Gratis. Senam aerobik juga digelar oleh MAXIMA ORGANIZER COMMUNITY dengan tambahan acara dance dan sosialisasi narkoba.

acara di CFD JKTBeberapa korporat juga memanfaatkan acara CFD untuk media promosi produk mereka seperti yang dilakukan oleh Pasar Organik yang mensosialisasikan produk organik, Mayora, Alfamart yang mensosialisasikan Alfamart Online, Setia Pesona Cipta, Nexmedia, dan Smartpro. Tak ketinggalan beberapa instansi pendidikan juga melakukan serangakaian acara untuk mendukung CFD yang bisa anda nikmati usai melakukan senam ataupun bersepeda. Selain ajang untuk masyarakat berolahraga, CFD juga menjadi alternalif liburan warga ibukota di akhir pekan.

car free day jktPuas menikmati semua acara CFD, anda bisa menjajal aneka kuliner yang ada di pinggir jalan, mulai dari bubur ayam, soto, hingga masakan Padang. Namun di Bundaran HI, yang menjadi pusat CFD merupakan tempat anda menemukan pedagang makanan dengan mudah. Jadi jangan lewatkanMinggu yang sehat dengean bergabung di CFD. Anda yang sedang menginap di hotel murah Jakarta yang berada di sekitar lokasi CFD, seperti:

infocarfreeday_hkb1bisa ikut bergabung. Karena CFD di Jakarta berlangsung cukup lama mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 11.00. Anda bisa menikmati segarnya udara kota Jakarta tanpa polusi mulai dari Jl. Sudirman hingga Jl. MH Thamrin. Info hotel murah lainnya bisa cek di sini. Happy weekend 🙂

Refrensi:

  • http://infocarfreeday.net/agenda-acara-car-free-day-jakarta-15-maret-2015/
  • http://www.leadership-park.com/new/action/car-free-day-langkah-efektif-kurangi-dampak-pemanasan-global.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *