Akhir Pekan Di Kepulauan Bira, Kepulauan Seribu

pulau biraAda rencana kemana akhir pekan nanti travelers? Mumpung masih hari kamis, yuk cari-cari refrensi buat libur akhir pekan nanti. Kalau emang gak ada waktu dan budget minim, tapi hasrat buat traveling lagi menggebu, gimana kalau gak usah jauh-jauh dari kota Jakarta. Kan di Jakarta juga ada kepulauan keren yang gak kalah mempesona dengan Bali. Ya … kepulauan mana lagi kalau bukan Kepulauan Seribu. Kali ini ayo kita main-main ke Kepulauan Bira. Pulau yang masih satu kawasan dengan Pulau Harapan ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan loh, selain Pulau Tidung dan Pulau Bidadari. Ada tiga pulau yang bisa dikunjungi di Kepulauan Bira, yakni Pulau Bira Besar, Pulau Bira Kecil, dan Pulau Kayu Angin Bira.

dermaga pulau biraUntuk bisa mengunjungi gugusan pulau nan cantik dan perawan ini, travelers harus menempuh perjalanan yang lumayan lama yang dimulai dari Pelabuhan Muara Angke. Sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal, kemudian travelers akan dibawa transit ke Pulau Pramukan terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan kembali menuju Pulau Bira dengan menggunakan perahu nelayan berkapasitas 10-15 orang. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Total lama waktu yang harus ditemuh untuk menuju Pulau Bira adalah 3 jam perjalanan. Cukup lama memang, namun dengan kealamian dan keasrian yang ditawarkan membuat siapa pun rela bersusah payah menuju ke Pulau Bira. Tapi jika memang travelers tidak memiliki banyak waktu atau ingin sesegera mungkin sampai di Pulau Bira, sebaiknya menggunakan speed boat dari Pelabuhan Marina, Ancol.

bira besarLabuhan pertama dari perjalanan tersebut adalah Pulau Bira Besar yang memang memiliki fasilitas dermaga untuk kemudahan perahu-perahu bersandar. Dari dermaga ini saja travelers sudah bisa menikmati keindahan dua pulau kecil di sekitar Pulau Bira Besar, yakni Pulau Bira Kecil yang berada tak jauh dari Pulau Bira Besar dan Pulau Kayu Angin Bira yang merukan pulau terusan dari Pulau Tanjung Bira. Selain dermaga keberangkatan, Pulau Bira Besar juga memiliki dermaga belakang yang bisa digunakan kapal-kapal yang hanya ingin berkeliling pulau ataupun melakukan penyelaman. Dahulunya Pulau Bira Besar sempat menjadi pulau pribadi dengan dibangunnya resort megah yang memiliki lapangan golf 9 holes. Tidak hanya itu, resort ini juga memiliki kolam renang yang cukup besar. Namun beberapa tahun kemudian, Pulau Bira Besar kembali menjadi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu. Sejumlah fasilitas mewah tersebut kini tak lagi digunakan, lapangan golfnya menjadi padang ilalang sementara kolam renangnya pun terbengkalai.

kolam renang di biraDi Pulau Bira terdapat sejumlah rumah-rumah kayu yang bisa dijadikan tempat menginap selama libur akhir pekan di sana. Masing-masing rumah memiliki dua kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi. Pulau ini bisa menjadi tempat yang pas untuk menenangkan diri sejenak dari segala rutinitas yang menyita tenaga dan emosi. Travelers bisa menikmati berjalan-jalan di atas pasir putihnya yang lembut dan menangkan. Sekedar bermain air ataupun berenang di pantainya juga tak masalah karena lokasi pantainya yang lumayan jauh dari laut. Rimbunnya pepohonan yang ada di sana tidak hanya memberikan kesejukan udara namun juga semakin menambah ketenangan kala bersantai di sana. Apalagi sambil memandangi lautnya yang tenang dan berwarna hijau kebiruan.

pulau biraMengujungi Pulau Bira terasa kurang lengkap jika tidak melakukan diving ataupun snorkeling di sana. Ada sejumlah titik penyelaman yang akan membuat travelers berdecak kagum. Kealamian alamnya memberikan rumah yang nyaman bagi sejumlah penghuni alam bawah laut Pulau Bira. Karang-karangnya yang besar dan nampak sehat menjadi rumah yang cukup aman bagi sejumlah ikan-ikan kecil yang asik berenang ke sana ke mari, keluar-masuk dari karang-karang tersebut. Keberadaan ikan lumba-lumba yang beberapa kali melintas di waktu pagi juga semakin melengkapi pesona bahari Pulau Bira. Namun kala melakukan penyelaman ataupun bermain di pantainya, travelers perlu berhati-hati dengan bulu-bulu babi yang banyak ditemukan di sana. Tertarik untuk mengunjungi Pulau Bira dan berbagai tempat keren di Jakarta? Travelers bisa bergabung dengan Paket Wisata Tour Jakarta Murah  yang akan membuat liburan anda di Jakarta nyaman, aman, dan murah 😉

Refrensi:

  • http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/picnicholic/11/10/12/lsxo3x-ceriangetrip-ke-pulau-bira
  • http://travel.detik.com/read/2014/05/28/135000/2510154/1025/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *