Berbelanja Di Pasar Baru

pasar-baru_0_0Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang surga belanja. Banyak mal ataupun pusat perbelanjaan modern lainnya yang menjamur di kota yang megah ini. Namun, ada sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta yang telah ada sejak zaman Belanda menguasai negeri ini, yakni Pasar Baru. Pasar yang berada di jalan yang bernama sama dengan pasar ini masuk dalam kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Sejak didirikan di tahun 1820, pasar ini menjadi pasar tertua yang ada di Jakarta. Namun bukannya bangunan tradisional yang akan menyapa anda, sebaliknya bangunan modern dengan penataan pedagang yang rapi. Pasar Baru memang sejak awal pendirian telah menjadi pasar modern yang didatangi para elit bangsa Belanda. Pintu gerbang yang megah dan elegan serta bertuliskan Passer Baroee lengkap dengan tahun berdirinya pasar akan menyambut anda.

pasar baru tempo dulu-jktPasar Baru kala itu kerap didatangi orang-orang Belanda yang tinggal di sekitar Rijswik atau yang saat ini menjadi Jalan Veteran. Umumnya bangunan bergaya arsitektur Tinghoa dan Eropa mendominasi sebagain toko yang ada di sana. Seiring dengan semakin padatnya aktivitas di Kota Batavia, maka semakin ramai pula daerah Pasar Baru. Diantara toko yang ada di sekitar Pasar Baru, anda bisa menjumpai beberapa toko yang telah ada sejak dulu namun masih eksis hingga sekarang, kebanyakan milik orang-orang China.  Anda bisa menemukan Apotek Kimia Farma, toko jam Tjung-Tjung, toko Lee Ie Seng, toko kacamata Seis (Tjun Lie), dan juga toko perabotan rumah tangga Melati. Ada pula beberapa penjahit yang setia mangkal di pasar tersebut.

pasar-baru-jakartaJika anda berniat untuk berbelanja banyak di pasar ini, anda harus berangkat pagi untuk bisa menjelajahi seluruh area pasar. Di pasar ini tersedia berbagai barang mulai dari sepatu hingga baju second hand bisa anda dapatkan. Anda bisa menemukan toko biasa hingga departmen store di area Pasar Baru yang memang luas ini. Namun ada tujuh item yang menjadi alasan pasar baru banyak di pilih sebagai tempat belanja. Simak yuk apa aja.

pasarbaru1. Toko Kosmetik Sentosa merupakan toko yang ada di bagian ujung sebelah kiri yang menjual berbagai perlengkapan salon, muali dari kosmetik dan peralatan salon lainnya yang dijual dengan harga sangat miring. Selain toko Sentosa, di kanan-kirinya masih banyak toko kosmetik lainnya yang juga menawarkan barang yang sama dengan harga yang tak kalah murahnya.

2. Berbagai pakaian vintage dari berbagai negara, seperti Korea, Jepang, Singapura, hingga Amerika bisa anda temukan di sini dengan harga yang tidak akan membut kantong anda jebol. Tak hanya murah, namun pakaian bekas tersebut juga memiliki kualitas yang cukup baik.

pasar baru jakarta3. Pengen belanja sepatu? Pasar Baru menyediakan juga item yang satu ini dengan berbagai gaya dan ukuran untuk tua, muda, wanita, dan pria. Mulai dari yang bikin kantong aman hingga yang bikin kantong melongo bisa anda temukan di sini.

4. Pasar baru juga terkenal dengan tekstilnya. Anda bisa menemukan berbagai kain dengan berbagai bahan di sini. Mau kain yang berbahan biasa hingga bahan mewah bisa anda dapatkan.

5. Berburu batik di Pasar Baru? Kenapa tidak. Pasar ini memiliki beberapa gerai batik yang akan memberikan anda pilihan untukmemilih berbagai modelpakaian batik baik untuk pria ataupun wanita.

salah satu kuliner pasar baru6. Beberapa departmen store juga membuka gerai di pasar ini, seperti Matahari dan Ramayana yang akan menambah pilihan anda untuk berbelanja.

7. Kuliner adalah alasan lain untuk anda mengunjungi Pasar Baru. Karena di sini anda akan diamnjakan dengan berbagai pilihan kuliner mulai dari yang tradisional hingga makanan siap saji. Yang terkenal di sini adalah bakmi kelinci yang patut anda coba kala bertandang ke pasar baru.

Jadi sudah siap untuk berburu shpping holic? 😉 Jika anda yang dari luar kota Jakarta, anda bisa menggunakan beberapa pilihan hotel murah di Jakarta untuk kebutuhan akomodasi anda, seperti:

Refrensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Baru
  • http://wolipop.detik.com/read/2012/02/01/114427/1831192/1140/pasar-baru-surga-belanja-kosmetik–pakaian-second
  • https://siranselhitam.wordpress.com/2014/06/02/berburu-di-pasar-baru-passer-baroe-jakarta/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *