Inilah 5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Jakarta

Kemacetan serta padatanya kota Jakarta yang setiap hari dialami oleh penduduk Jakarta pasti membuat kepala sedikit penat. Walaupun banyak tempat wisata di Jakarta, namun terkadang kita membutuhkan tempat wisata lain yang lebih fresh. Kawasan sekitar Jakarta seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan lainnya ternyata menyediakan banyak tempat wisata yang berbeda dibanding tempat wisata di kota Jakarta.

Berikut adalah beberapa alternatif tempat wisata di sekitar Jakarta yang dapat direkomendasikan sebagai tempat berlibur untuk keluarga.

1. The Jungle Waterpark Bogor
Wahana air ini menjadi primadona tidak hanya warga Bogor melainkan wisatawan dari luar Bogor seperti Jakarta. The Jungle berlokasi di Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan. Berlatar pemandangan Gunung Salak, The Jungle menyediakan beberapa wahana air dari yang menyenangkan buat balita sampai memacu adrenalin bagi orang dewasa.

Beberapa permainan favorit di sini adalah Kiddle Pool Kid, Slide Pool, Area Fountain Futsal, Sinema 4D, dan Lazy River. Untuk weekday, harga tiketnya IDR 80.000, sedangkan weekend harga tiketnya IDR 100.000.

the-jungle-park-bogor

2. Kandank Jurank Doank
Bermain sambil belajar dan melatih keberanian bisa dilakukan di tempat wisata alam Kandank Jurank Doank atau disingkat KJD. Kawasan ini didirikan oleh seniman Dik Doank dengan bertemakan outbond dan beralamat di Komplek Alvita Blok Q No.14 Sawah Baru, Tangerang Selatan.

Semua umur dapat bermain di KJD. Berbagai permainan menantang diantaranya adalah wall climbing, flying fox, tangga monyet, dan jembatan goyang, dan harga tiketnya berbeda-beda. Playground untuk anak balita juga tersedia di sini. Selain itu, sesuai dengan cita-cita Dik Doank yang menginginkan kawasan wisata yang mendidik, KJD juga menyediakan Rumah pintar, perpustakaan, rumah dongeng, dan ruang yang dapat dipakai untuk menambah wawasan, terutama untuk sang buah hati.

kjd

3. Godong Ijo Asri
Awalnya Godong Ijo adalah sebuah kawasan pembibitan dan pengembangan tanaman. Namun seiring berjalannya waktu, Godong Ijo mengubah dirinya menjadi kawasan edukasi tentang lingkungan, tanaman, hewan, dan lainnya untuk anak-anak. Fasilitas untuk mengedukasi pengunjung yang kebanyakan adalah anak-anak berupa green house, kolam ikan, demplot (demonstration plot) yang terdiri dari berbagai tanaman buah seperti buah naga, kakao, dan lainnya.

Selain itu, kawasan hijau yang beralamat di Jl.Cinangka Raya KM.10 No.60 Bojongsari Depok ini juga memiliki kolam pemancingan yang dapat dinikmati bagi yang hobi memancing. Godong Ijo juga menyediakan Botanical Cafe untuk anda yang kelaparan. Untuk masuk ke Godong Ijo Asri gratis, namun jika ingin memancing atau makan di Botanical Cafe, baru bayar.

godong ijo

4. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor yang memiliki luas lahan 87 hektar ini menjadi tempat liburan favorit bagi warga Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Kawasan yang menempel dengan Istana Bogor ini memiliki 15.000 jenis tanaman dan beberapa danau. Hijaunya alam dan sejuknya udara di Kebun Raya Bogor sangat cocok dijadikan tempat piknik dan berolahraga untuk keluarga atau sahabat tercinta. HTM untuk lokal IDR 14.000 sedangkan untuk wisatawan asing IDR 25.000. Oh ya, jangan lupa untuk mampir ke halaman Istana Bogor dan memberikan makan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di kawasan istana ya.

kebun raya bogor

5. Taman Buah Mekarsari
Ingin berwisata sambil memetik buah yang sedang panen? Taman Buah Mekarsari lah tempatnya. Kawasan seluas 265 hektar dengan 1470 varietas buah dan 100.000 pohon memberikan suasana agro wisata yang menarik. Beberapa area kebun di sini antara lain tanaman rempah, tanaman biofarmaka, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung. Selain itu juga terdapat laboratorium untuk penelitian dan penyilangan bibit.

Tiket untuk masuk ke sini adala IDR 25.000. Bagi anda yang membawa buah hati, di sini juga terdapat berbagai wahana permainan air, seperti pemancingan, sepeda air, banana boat, aqua bike, angsa air, kano, dan perahu naga. Bagi yang ingin outbond, tempat wisata di kawasan Cileungsi Bogor ini menyediakan flying fox, paint ball, spider web, rumah pohon, dan lainya. Jika ingin bermain air, wahana permainan air Water Kingdom tersedia di sini, dengan luas 5,2 hektar yang dapat menampung 15.000 pengunjung dengan berbagai macam permainan menantang seperti Raft Slide, Boomerang Slide, dan Racer Slide.

taman buah mekarsari

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *