Keliling Indonesia dalam Satu Hari

BANNER-VENUE-KIOSTIX-TMIIMembaca judul tersebut, anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa? Indonesia adalah negara kepulauan yang cukup luas yang tak akan bisa dijelajahi dalam waktu sebulan, apalagi dalam waktu satu hari. Namun anda tidak perlu untuk mendatangi satu persatu daerah di Indonesia untuk mengenal Indonesia lebih mendalam. Anda hanya perlu mendatangi Taman Mini Indonesia Indah untuk melihati Indonesia secara keseleruhan melalui replika yang ditampilkan. Wisata yang diresmikan sejak 20 April 1975 ini menjadi pilihan favorit wisatawan yang bertandang ke ibukota, Jakarta.

museum indonesiaKehadiran Taman Mini Indonesia Indah merupakan prakarasa dari Siti Hartinah Soeharto, atau yang dikenal dengan Ibu Tien Soeharto, usai mendengar pidato Presiden Soeharto tentang keseimbangan pembangunan umum. Di sini anda bisa mengenal berbagai kebudayaan di Indonesia yang ditampilkan dalam bentuk anjungan daerah berarsitektur tradisional. Di sini anda juga bisa melihat berbagai busana, tarian, dan tradisi dari daerah-daerah di Indonesia. Anda juga bisa mengenal budaya Indonesia di Museum Indonesia yang berarsitekturkan bangunan khas Bali. Bangunan yang diresmikan pada ulang tahun ke-5 Taman Mini Indonesia Indah ini memamerkan benda-benda khas Indonesia yang terbagi dalam tiga lantai. Di lantai 1 yang bertemakan Bhinneka Tunggal Ika anda bisa melihar berbagai pakaian adat dan pengantik khas daerah. Sedangkan di lantai 2 yang bertemakan manusia dan lingkungan berisikan rumah-rumah tradisional yang ada di Indonesia. Dan di lantai 3 yang bertemakan seni dan kriya yang menampilkan hasil seni garapan dan seni ciptaan baru.

tamanAnda bisa mengajak putra-putri anda utnuk mengenal berbagai flora dan fauna dengan mengunjungi berbagai taman yang ada di sana. Di area flora, anda bisa berkunjung ke taman melati, bunga keong mas, apotik hidup, dan taman kaktus. Sedangkan di area fauna anda bisa berkunjung ke taman reptilia, kupu, dunia air tawar, bekisar dan taman burung. Ada pula taman budaya Tionghoa, Taman Persahabatan Negara Nonblok, dan Taman Manasik Haji. Anda juga bisa mengenalkan kepada mereka mengenai agama yang ada di Indonesia dengan memperkenalkan tempat peribadatan yang ada di Indonesia, seperti masjid, klenteng, pura, wihara, dan gereja kristen serta protestan. Ada pula Sasono Adiroso yang menjadi tempat semua penganut agama bertukar pikiran dan saling menghargai.

kereta aeromovelPuas belajar, kini waktunya anda untuk mengajak buah hati anda rekreasi. Taman Mini Indonesia Indah memiliki berbagai wahana yang siap menghibur anda dan keluarga. Anda bisa mencoba naik ke kereta aeromovel yang bertenaga angin dengan kecepatan mencapai 60 km/jam. Namun anda hanya akan dibawa jalan-jalan melintasi jalan layang setinggi 6 meter dari permukaan tanah dengan kecepatan 15-20 km/jam saja. Atau jika ingin lebih menantang lagi anda bisa naik balon udara raksasa yang merupakan balon udara terbesar dan tertinggi di Indonesia.

istana anakAnda juga bisa membawa puteri anda bermain dan belajar di Istana Anak yang menyerupai istana pada dongeng. Mereka bisa bermain dengan Alat peraga ilmu pengetahuan dan Teknologi, Alat musik diantonik dan pentatonik, dan berbagai peraga yang lain. Ada pula panggung yang biasanya digunakan untuk mementaskan berbagai kesenian. Beragam permainan yang lain juga bisa digunakan anak-anak anda seperti telpon cerita, kincir, roda tamasya, gua sigura-gura, dan lain sebagainya. Ada pula hutan buatan, kolam renang, dan juga rumah boal di halaman depan. Nikmati pula keseruan bermain air di Snow Bay Waterpark yang menyediakan berbagai wahana yang menakjubkan. Anda juga bisa menyaksikan film pendek di teater 4D ataupun menonton pertunjukkan di Teater Imax Keong Mas. Dan masih banyak lagi wahana yang diberikan oleh taman budaya seluas 150 hektar ini.

mobil keliling TMIIJika anda tidak membawa mobil, anda bisa mengelilingi kawasan Taman Mini Indonesia Indah dengan menggunakan mobil keliling yang disediakan pihak manajemen. Untuk tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah bisa anda lihat di sini.Usai mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah anda bisa menginap di salah satu hotel murah di Jakarta, yakni Santika TMII.

 

Refrensi:

http://www.tamanmini.com/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *