Kenangan Sejarah Di Pulau Bidadari

bidadari-mainimgSudah melihat keindahan Pulau Pari bukan? Melihat kealamian dan keindahannya, sebagian orang mungkin tidak menyangka jika pulau tersebut merupakan bagian dari kota Jakarta. Gugusan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu memang begitu indah dan menjadi pelengkap kota Jakarta yang megah. Kepulauan ini masih menyimpan lebih banyak lagi pulau-pulau kecil yang tak kalah cantiknya dengan Pulau Pari. Salah satunya adalah pulau Bidadari. Jadi untuk anda yang suntuk dengan kondisi Jakarta yang tak pernah tidur sehingga membuat anda juga tak bisa beristirahat, santaikan sejenak diri anda dengan menikmati keindahan alam Pulau Bidadari yang kecantikannya tak kalah dengan bidadari ūüėČ Pulau ini juga memiliki jarak yang sangat dekat dengan Jakarta sehingga cocok untuk anda yang tak punya banyak waktu untuk berlibur. Melarikan diiri sejenak ke pulau yang cantik nan tenang untuk selanjutnya me-recharge kembali tubuh dan pikiran agar lebih semangat.

bidadari-island-1-2Untuk menuju pulau Bidadari hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari dermaga marina Taman Impian Jaya Ancol dengan menggunakan speedboat atau jet ski. Pulau yang secara administrasi masuk dalam kawasan Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu ini berada satu gugus dengan Pulau Ayer, Pulau Onrust, Pulau Kayangan, dan Pulau Kelor. Sesampainya di pantai pulau Bidadari anda akan disambut dengan pemandangan hamparan pasir pantai yang putih. Pasir tersebut nampak begitu lembut kala menyentuh kulit kaki dan berpadu dengan air lautnya yang jernih. Pulau ini juga menjadi tempat perkembangbiakan sejumlah tanaman langka seperti pohon perdamaian yang juga dikenal dengan pohon Baringtonia exelsa, pohon kayu hitam, pohon sentigi, pohon glodokan, pohon kepuh, dan sejumlah tanaman buah. Untuk melindungi pantainya dari abrasi, di sekitar pulau juga ditanam pohon mangrove yang terawat dengan baik.

bidadari-island-1-13Anda bisa bersantai sambil berjemur di atas pasirnya yang lembut dengan menggelar tikar di atasnya. Anda pun bisa memancing, mengendarai jetski, banana boat, hingga berkano karena ombaknya yang tenang. Pulau Bidadari juga menawarkan keindahan pemandangan matahari terbenam yang semakin melengkapi keindahan pulau yang secantik surga ini. Sejumlah cottage yang ada di sana berdiri di atas laut dan mirip dengan perkampungan nelayan. Sementara untuk bentuk cottage yang di darat menyerupai rumah adat Minahasa dengan berbentuk rumah panggung. Cottage-cottage tersebut juga menawarkan beberapa aktivitas asik seperti outbond untuk mengisi waktu anda selama di Pulau Bidadari. Dengan semua pesona yang ditawarkan Pulau Bidadari, sejumlah pasangan kerap memilih pulau ini sebagai lokasi foto prewedding mereka.

bidadari_12Selain keindahan dan kealamian alamnya, Pulau Bidadari juga menawarkan wisata sejarah Batavia. Dengan lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Onrust, maka Pulau Bidadari pun juga berhubungan dengan sejarah yang ada di Pulau Onrust di abad ke-17. Pada tahun 1679, Pulau Bidadari menjadi lokasi rumah sakit lepra atau kusta yang didirikan oleh VOC dan merupakan pindahan dari ruamh sakit Angke. Karenanya pulau Bidadari juga disebut dengan nama pulau sakit. Selain rumah sakit VOC juga membangun benteng pengawas di Pulau Bidadari yang berfungsi untuk bertahan dari serangan musuh. Meski sempat diduduki orang Ambon namun pada akhirnya direbut oleh pihak VOC.

Kepulauan-SeribuUntuk anda yang ingin melakukan terapi lumba-lumba, Pulau Bidadari juga menyediakan karena pulau ini merupakan tempat konservasi dan penangkaran ikan lumba-lumba. Anda sekeluarga bisa berinteraksi dengan binatang lucu ini hanya dengan membayar Rp150.000. Selama setengah jam, anda dan anak-anak akan diajak bersenang-senang oleh uda ekor lumba-lumba lucu bernama Yossy dan Nia. Jadi tunggu apalagi, yuk santai sejenak di Pulau Bidadari sembari berwisata sejarah di sini.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/rayakan-pergantian-tahun-di-pulau-bidadari/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *