Keunikan dan Keindahan Pulau Pari

Pulau-PariTak dipungkiri keindahan Kepulauan Seribu menjadi angin segar bagi kota Jakarta. Keberadaan pulau-pulau kecil di kepualauan ini menjadi semacam pilihan untuk mendapatkan sebuah tempat yang indah dan jauh dari polusi. Bahkan ketika pantai di Jakarta semakin kotor, Kepulauan Seribu memberikan pilihan pantai mana yang ingin anda kunjungi sebagai gantinya. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang bisa anda kunjungi adalah Pulau Pari. Pulau yang namapak menyerupai ikan pari ini memiliki panorama pantai yang mempersona berpadu dengan ketenangan pulau yang menjanjikan kepuasan dan kesenangan.

Pulaupari-indonesiaPulau Pari memiliki pantai yang begitu menawan dengan kedalaman mencapai 5 meter. Pantai bernama Pasir Perawan ini memiliki pulau dan batu karang yang mengelilinginya di sepanjang pinggiran slopenya. Anda bisa menikmati pantai yang begitu bersih, tenang dan juga asri. Keasrian tersebut berasal dari rimbunnya hutan bakau yang ada di dekat pantai. Di pulau yang memiliki luas 4.3 hektar tersebut, hanya ada sekitar 700 manusia yang menempatinya. Tak mengherankan jika suasana di sekitar pulau cukup sepi dna tenang. Selain itu pantai yang menghadap ke utara Laut Jawa ini memiliki pasir putih yang cukup lembut dengan bentuk pesisirnya yang berkelok-kelok.

Pulau Pari Pulau kecil ini juga nampak unik dengan karakteristiknya yang berbeda dari pulau kecil yang lain. Sebuah cekungan nampak di bagian barat pulau dan menjadi tempat penampungan serapan air hujan. Cekungan ini juga menjadikan air di Pulau Pari berjenis air tawar yang berbeda dengan pulau lain yang memiliki ar payau. Selain itu, keberadaan tersebut juga berdampak pada berbagai macam flora yang ada di sana. Selain mangrove dan pohon kelapa, anda juga bisa menjumpai pohon mangga, pisang, jambu air, petai cina, palem, buah naga, sri kaya, cemara bahkan pinus. Meski bukan tanaman khas di Pulau Pari, namun pohon-pohon ini nampak nyaman tinggal di Pulau Pari. Cekungan ini berada di bagian barat pulau dan merupakan ekor pulau. Di bagianinilah para manusia saling berkomunikasi karena merupakan lokasi pemukiman penduduk. Sedangkan di bagian timur yang merupakan bagian kepala, ialah tempat Pantai Pasir Perawan berada dengan hutan mangrovenya yang lebat.

pulau pariSelain kenampakan alam daratnya yang luar biasa, alam bawah laut Pulau Pari juga cukup menakjubkan. Anda bisa diving atau snorkeling untuk melihat keajaiban bawah lautnya yang mempesona. Ikan-ikan kecil yang berwarna warni saling mengejar dan bersembunyi diantara terumbu karang yang cantik. Selain menyelam, anda juga bisa mengelilingi pulau ini dengan menyewa sebuah sepeda yang hanya dikenai Rp 15.000/jamnya atau Rp 30.000 seharian. Anda dan keluarga juga bisa bersenang-senang di pinggir pantai dengan bermain bola ataupun bersantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda. Anda juga bisa mengajak putra-putri anda untuk mengenal biota laut seperti ikan pari, hiu, dan biota laut lainnya yang ada di sana dengan mengunjungi laboratorium LIPI. Anda juga bisa menyaksikan pertanian rumput laut yang dikembangkan oleh  masyarakat sekitar.

kapal ke pulau pariMengunjungi pulau ini anda diharuskan untuk menjaga kebersihan dengan membawa kantong sampah sendiri. Hal ini untuk menjaga ekosistem dan keindahan pulau. Pulau Pari benar-benar pulau yang unik dan mempesona serta bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi anda, ,mulai dari berenang, snorkeling, diving, memancing, ataupun fotografi. Jadi jangan lewatkan untuk berlibur ke sana pada akhir pekan esok. Anda bisa menggunakan kapal untuk membantu anda menyebrang ke pulau yang eksotis ini. Untuk akomodasi, beberapa penduduk menyediakan rumah mereka untuk disewa, namun anda juga bisa menggunakan hotel murah di Jakarta, seperti:pemandangan pulau pari

Baca pula mengenai pulau-pulau kecil yang ada di kepulauan seribu, seperti Pulau Bidadari dan Pulau Tidung.

Refrensi:

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/868/pulau-pari

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *