Kidzania, Kota Mini untuk Anak-Anak

kidzaniaMengenalkan lingkungan kepada anak harus dilakukan sejak dini. Bukan hanya agar mereka lebih mengenal mengenai lingkungan mereka namun juga bisa menjadi tempat untuk mengenalkan aspek sosial dan budaya kota mereka. Sebuah wahana hiburan di Jakarta akan mengajak anak-anak untuk lebih mengenal kota mereka dengan suasana yang lebih menyenangkan. Tempat rekreasi tersebut bernama KIDZANIA lokasinya yang indoor dan ada di pusat perbelanjaan memberikan keuntungan tersendiri karena dalam cuaca apa pun anda dan si kecil bisa bertandang kapan pun. Dan lagi wisata ini pun bisa dikunjungi sambil berbelanja. KIDZANIA, yang ditujukan untuk anak-anak usia 2-16 tahun, sejak awal memang sengaja memadukan konsep edukasi dalam pusat rekreasi mereka. Di sini anak-anak bisa menyaksikan replika kota lengkap dengan jalan raya, bangunan, hingga sejumlah kendaraan yang hilir mudik di perkotaan. Karena replika ini dibuat seukuran mereka pun bebas bermain di sana dan mengambil peran apa pun di kota tersebut.

kidzania1Di kota KIDZANIA, anak-anak juga bebas memilih peran orang dewasa apa yang akan mereka mainkan. Mereka bisa memilih menjalani profesi apa yang mereka mau, mulai dari dokter, pilot, detekstif, arkeolog, polisi, hingga pembalap F1. Tak kurang 100 jenis pekerjaan diperkenalkan kepada si kecil sehingga mereka bisa menentukan cita-cita mereka dari sekarang. Mereka pun menempati bangunan yang sesuai dengan peran yang mereka ambil dan mereka akan belajar mengenai tuas dan tanggung jawab dari pekerjaan mereka. Namun di sini para orang tua dilarang mendampingi dan hanya diperbolehkan melihat dari Parents Lounge. Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa menentukan sendiri apa yang ingin mereka lakukan tanpa intervensi dan pengaruh dari orang tua. Hal ini sebagaimana yang diharapkan oleh KIDZANIA agar anak-anak bisa mendapatkan hak-hak mereka seperti hak untuk melakukan, mengetahui, menciptakan, memberi, peduli, dan bermain. Di sini anak-anak akan diajak untuk menentukan sendiri apa yang mereka mau dan berfikir bagaimana mewujudkan hal tersebut. Sehingga mereka akan menjadi anak-anak yang lebih mandiri.

kidzaniaMengenai bagian kota yang ditawarkan oleh KIDZANIA terdiri atas tiga bagian utama, yakni airport yang menjadi pintu masuk ke KIDZANIA, pusat kota dengan beragam aktivitas, dan juga pinggiran kota yang dipenuhi dengan segala macam kegiatan industri. Permainan peran yang dimainkan anak-anak semakin menyenangkan karena dilengkapi dengan skenario dan teknologi yang mendukung agar sesuai dengan kehidupan nyata. Ada beberapa area yang bisa dipilih misalnya pemadam kebakaran pada sentra layanan, konstruksi pada area tempat tinggal, teater pada budaya, dan juga trek balap pada pinggir kota dan industri. Selain itu ada pula ruang redaksi penerbitan surat kabar di area media, toko hamburger di area restoran, salon kecantikan pada area retail dan juga transportasi publik.

kidzaniaCara belajar di KIDZANIA menerapkan konsep belajar dari pengalaman melalui peran-peran yang sudah dipilih anak-anak. Mereka bebas memilih peran yang berbeda tanpa harus meneruskan peran yang sebelumnya mereka pernah lakukan pada kunjungan sebelumnya. Selain itu ada pula cara belajar yang disebut dengan “Bermain Tematik di KidZania”, dimana anak-anak bisa memilih materi berdasarkan kelas mereka. Jadi jika mereka ingin belajar di mengenai alam mereka akan dibantu menyusun materi sesuai dengan kelas dan usia mereka. Untuk tiket masuknya sendiri masing-masing usia memiliki nominal yang berbeda. Untuk usia 2-4 tahun sebesar Rp. 50.000 pada weekday dan Rp. 75.000 ketika weekend. Sementara usia 4-16 tahun sebesar Rp. 150.000 saat weekday dan Rp. 200.000 saat weekend. Dan terakhir untuk dewasa harus membayar Rp. 100.000 ketika weekday dan Rp. 150.000 ketika weekend.

kidzaniaUntuk memenuhi kebutuhan pengunjung, KIDZANIA memberikan sejumlah layanan seperti 10 gerai makanan, pusat souvenirs, Parents Lounge, ruangan pesta ulang tahun, ruang informasi, ruang P3K, dan juga musholla. Selain itu keamanan pengujung pun juga cukup diprioritaskan dengan keberadaan kamera CCTV, akses pintu masuk dan pintu keluar yang dilindungi pintu elektronik dan penjaga keamanan, serta para staff yang profesional. Jadi buat anda yang sedang melakukan tour ke Jakarta ataupun menginap di hotel murah di Jakarta seperti The Ritz Carlton Hotel Pacific Place ataupun Atlet Century Park, bisa singgah sebentar di KIDZANIA untuk mengajak sang buah hati berkenalan lebih mendalam lagi dengan kota tempat tinggal mereka.

Refrensi:

http://www.kidzania.co.id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *