Kuliner Wajib Coba Selama Di Jakarta

kuliner jakartaTraveling itu gak lengkap tanpa nyobain kuliner khas daerah setempat. Setuju gak travelers? Karena Indonesia itu gak cuma kaya budaya namun juga kaya rasa yang khas banget. Masing-masing daerah punya kuliner khas yang sesuai dengan budaya mereka. Dan sekarang ini kuliner juga kian dilirik buat ningkatin kunjungan pariwisata ke daerah tersebut. Semakin suatu daerah mengeksplor kuliner daerah mereka akan semakin membantu media promosi kepada wisatawan. Nah, selama kunjungan travelers ke Jakarta travelers juga wajib buat mencoba kuliner khas betawi. Banyak banget kok yang bisa travelers coba dan rasanya gak kalah kok dari kuliner daerah lain. Jadi jangan dipikir Jakarta cuma punya kerak telor aja ya buat kulinerya 😉

soto betawiSoto Betawi

Kayaknya soto pantas banget jika disebut makanan yang Indonesia banget. Gimana gak, hampir setiap daerah memiliki soto-nya masing-masing. Tak terkecuali kota Jakarta. Jika kamu uda pernah nyoba soto lamongan, soto bandung, soto Semarang, dan soto daerah lainnya, kini waktunya buat travelers nyobain soto betawi. Kuah soto ini tidak bening layaknya soto Lamongan maupun soto Madura karena kuah soto betawi juga diberikan santan sehingga memberikan rasa yang cukup gurih. Untuk isiannya berupa daging sapi dan diberi potongan kentang dan juga tomat. Pas banget dinikmati dengan nasi putih untuk bersantap siang. Salah satu kedai soto betawi yang cukup populer adalah kedai Soto H. Mamat yang ada di Jalan Raya Rawabuntu, Serpong, Jakarta. Dagingnya empuk dan kuahnya gurih banget, pas dinikmati saat masih panas. Kedai ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.30 pagi sampai jam 05.00 sore.

Laksa Betawi

laksaLaksa merupakan makanan berkuah dan berisikan bihun, telur, perkedel, daun kemangi dan juga daun kucai. Makanan ini juga kaya akan bumbu yang berpadu dengan tepat sehingga memiliki rasa yang pas. Awalnya makanan ini berasal dari Cibinong yang kemudian masuk ke Jakarta. Karenanya laksa Jakarta ini dikenal dengan nama Laksa Betawi. Umumnya penjual laksa betawi merupakan orang Cina yang telah lama bermukin di Betawi dan disebut dengan Cina Betawi. Tak heran jika laksa betawi memiliki citarasa gurih dan juga manis. Sayangnya tak banyak lagi penjual laksa betawi yang bisa travelrs temui. Salah satu kedai laksa betawi yang bisa travelers coba adalah laksa betawi Asirot yang buka di Jalan Ashirot No. 2, Kebon Jeruk, Jakarta. Kedai bukan dari jam 10.00 pagi sampai jam 10.00 malam.

nasi udukNasi Uduk

Nah, kalau yang satu ini pasti uda banyak yang tahu dan suka banget. Mau asli Jakarta ataupun pendatang pasti uda hafal kalau nasi yang satu ini khas Betawi banget. Nasi uduk hampir sama dengan nasi liwet khas Solo dimana nasi putih dimasak dengan bumbu-bumbu. Biasanya bumbu yang digunakan untuk nasi uduk adalah daun salam, daun jeruk, sereh, cengkeh, jahe, dan ketinggalan santan biar rasa nasinya makin gurih. Untuk teman nasi uduk biasanya disandingkan dengan lauk seperti semur jengkol, empal, dan juga ayam goreng. Tak ketinggalan sambalnya yang pedasnya nendang banget. Kalau travelers mau nyari nasi uduk yang enak cobain deh Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani yang berada di Jalan Kebon Kacang 8 No. 5, Tanah Abang, Jakarta.

Gado-Gado

Ini nih saladnya orang Indonesia yang ternyata di Jakarta pun ada. Uda pada tahu dong isi dari gado-gado ini. Yups bener banget, terdiri dari potongan lontong, sayuran segar, tahu, dan juga kerupuk. Nah kalau di Jakarta nyari gado-gado dengan rasa nendang, datang aja ke Gado-Gado Cemara yang buka di Setiabudi One, Lantai 1, Jl. HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta. Lontongnya empuk banget loh.111026_gado-gado-cemara_002-edit

Gimana, enak bukan makanan Betawi. Dengan mencicipi kulinernya, berarti kita turut melestarikan budaya kuliner khas Betawi. Yuk siapa lagi yang mau coba? Bisa ikutan berburu kuliner di open trip tour Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *