Liburan Murah Di Taman Margasatwa Ragunan

smutzerJakarta memang benar-benar kota sejarah. Banyak tempat di Jakarta yang memiliki usia cukup fantastis namun hingga kini masih bisa dinikmati dengan baik. Salah satunya ialah Taman Margasatwa Ragunan atau yang lebih dikenal Kebun Binatang Ragunan. Siapa sangka jika kebun binatang terpopuler di Jakarta ini telah ada sejak masa pendudukan Belanda. Di area seluas 147 hektar ini anda akan diajak menikmati beragam flora dan fauna dalam lingkungan yang tenang dan indah. Suara-suara yang terdengar hanya suara binatang dan kicau burung yang meramaikan suasana untuk menemani liburan anda bersama keluarga. Taman margasatwa yang berada di daerah Pasar Minggu ini, tepatnya di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk si kecil kala liburan sekolah dengan low budget. Jadi orang tua masih bisa berhemat untuk keperluan si kecil menghadapi tahun ajaran baru.

hostory-1Kala pertama berdiri Taman Margasatwa Ragunan ini bernama Planten en Dierentuin dan Jakarta masih bernama Batavia. Dengan dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia atau yang kala itu disebut Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia, kebun binatang ini didirikan pada 19 September tahun 1864 di Jalan Cikini Raya No 73. Area seluas 10 hektar yang menjadi lokasi Planten en Dierentuin merupakan hadiah dari salah satu pelukis Indonesia, Raden Saleh. Pasca kemerdekaan Indonesia Planten en Dierentuin berganti nama menjadi Kebun Binatang Cikini di tahun 1949. Namun seiring dengan  perkembangan kota Jaakrta, daerah Cikini menjadi tidak kondusif lagi sebagai tempat tinggal para satwa. Hingga akhirnya dipindahkanlah  kebun binatang tersebut ke Pasar Minggu yang berjarak 20 km dari pusat kota dengan tanah hibah dari Pemerintah DKI Jakarta. Kebun binatang yang baru ini diberi nama Taman Margasatwa Ragunan dengan diresmikan oleh Mayor Jenderal Ali Sadikin yang kala itu sebagai Gubernur DKI pada 22 Juni 1966. Dan 450 koleksi dari Kebun Binatang Cikini kini menjadi ebih dari 2.000 ekor satwa.

aW1hZ2VzL3Nma19waG90b3Mvc2ZrX3Bob3Rvc18xMzAyNzYyMzA2X2FEZEhCT1huLmpwZw==Di Taman Margasatwa Ragunan, buah hati anda bisa berkenalan dengan berbagai satwa mulai dari jenis mamalia, reptil, aves, hingga pisces. Di koleksi mamalia ada beruang madu, harimau, singa, tapir, babirusa, beruk, dan masih banyak lagi. Sementara di koleksi reptil ada kura-kura pipi merah, aneka ular, berbagai jenis buaya, komodo, kadal, dan reptil lainnya. Untuk koleksi aves ada burung pelikan, elang irian, aneka jenis burung nuri, juga bermacam kakak tua. Dan yang terakhir ada arapaima di koleksi pisces. Untuk flora, Taman Margasatwa Ragunan memiliki sejumlah tanaman yang membuat kawasan tersebut cukup sejuk dan teduh sehingga memberikan kenyamanan tidak hanya bagi satwa namun juga pengujung. Diantara tanaman yang ada di Taman Margasatwa Ragunan ialah pohon pala, sawo, pinus, puspa, dan masih banyak lagi.

Train-tourSementara itu untuk fasilitasnya Taman Margasatwa Ragunan menyediakan Taman Satwa Anak dimana anak-anak anda bisa berinteraksi dengan sejumlah satwa favorit mereka seperti burung kakatua yang pandai berbicara dan ikan raksasa arapaima gigas. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak seperti jaring laba-laba, ayunan, dan sebagainya. Ada pula taman refleksi dimana anda bisa melakukan relaksasi dan olahraga. Anda juga bisa berfoto di taman yang juga dilengkapi dengan kolam dan sejumlah patung satwa. Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki Pusat Primata Schmutzer yang merupakan pusat konservasi dan informasi berbagai primata yang ada di Indonesia. Lembaga konservasi ini bahkan telah berkelas internasional.

pentas-satwaDan fasilitas yang terakhir adalah sarana rekreasi dimana anak-anak anda bisa bersafari dengan gajah tunggang, onta tunggang, dan kereta keliling. Ada pula penyewaan sepeda, perahu angsa, ataupun bendi. Si kecil juga bisa menyaksikan pentas satwa yang menampilkan berbagai pertunjukkan kecerdasan hewan. Untuk bisa menikmati semua layanan di Taman Margasatwa Ragunan pengunjung hanya dikenai Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak. Sementara untuk fasilitas masih dikenai tambahan biaya bekisar Rp 4.000 hingga Rp. 15.000. Murah bukan. Jadi tunggu apalagi, segera ajak si kecil berlibur Taman Margasatwa Ragunan.

Refrensi:

http://ragunanzoo.jakarta.go.id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *