Melihat Wajah Asli Jakarta Di Setu Babakan

pintu masuk setu babakanSebagai ibukota Indonesia, Jakarta telah menjadi kota besar yang menjadi jujukan setiap orang untuk mengadu nasib. Banyak penduduk dari luar Jakarta yang tergoda dengan gemerlapnya Kota Jakarta sebagai kota metropolitan. Kota Jakarta menjadi kota dengan penduduknya yang beragam suku, warna kulit, dan agama. Kebudayaan Kota Jakarta menjadi beragam dan kaya warna. Dengan banyaknya pendatang, membuat kebudaan asli Jakarta, yakni budaya betawi menjadi terancam. Belum lagi dengan banyaknya pengaruh asing yang datang ke Jakarta sebagai salah satu pusat bisnis di kawasan Asia Tenggara, semakin membuat budaya asli Jakarta tersisih. Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah daerah Jakarta untuk membuat suatu area tertentu demi menjaga kelangsungan budaya betawi. Daerah tersebut berada di Setu Babakan yang masuk di kawasan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

setu-babakan2Setu atau Situ Babakan merupakan kawasan danau buatan seluas 32 hektar yang dekat dengan kawasan Depok. Daerah ini menjadi perkampungan budaya Betawi dimana warisan budaya asli Jakarta dipertahankan dan dijaga kelestariannya dari serbuan budaya luar Jakarta. Kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi bersama dengan kawasan Condet di Jakarta Timur. Namun karena nilai-nilai budaya betawi telah banyak yang luntur di kawasan Condet, maka hanya kawasan Setu Babakan yang menjadi kawasan bduaya dengan SK Gubernur No. 9 tahun 2000. Semua kalangan bersatu padu untuk mewujudkan kawasan Setu Babakan sebagai kawasan budaya hingga akhirnya berhasil diresmikan oleh Bapak Sutiyoso, Gubernur Jakarta kala itu, pada tahun 2004. Bahkan pada tahun 2002, kawasan ini telah menjadi obbyek kunjungan peserta Pacifik Asia Travel Association (PATA).

setu_babakan_kerak_telorDi perkampungan ini anda bisa mengenal bagaimana kehidupan dan budaya betawi secara keseluruhan. Dengan alamnya yang khas pedesaan dan dipenuhi dengan pepohonan yang rindang, menjadikan kawasan ini cukup sejuk dan jauh dari kesan Jakarta yang padat polusi. Suasana yang tenang akan menyapa anda begitu anda tiba di perkampungan ini. Rumah-rumah penduduk juga masih dijaga keasliannya yang berbentuk rumah panggung dengan arsitektur khas betawi. Cara hidup masyarakatnya pun masih sederhana. Mereka menghidupi diri mereka dengan bercocok tanam, berdagang, memancing, dan membuat berbagai kerajinan tangan dan makanan khas betawi. Anda bisa mencoba aneka kuliner betawi seperti ketoprak, kerak telor, ketupat nyiksa, ketupat sayur, arum manis, roti buaya, kue apem, tahu genjrot dan lain sebagainya.

pentas-seni-setu-babakanBeragam kesenian khas betawi juga masih dipertahankan dan dijaga kelestariannya dengan kerap ditampilakan dalam pegelaran budaya. Anda bisa melihat tari cokek, tari topeng, seni gambus, kasidah, marawis, gambang kromong, lenong, tanjidor, dan ondel-ondel. Upacara dan prosesi adat khas betawi juga masih bisa dijumpai di sini misalnya budaya balas pantun di acara pernikahan, akikah, sunatan, khataman Al-Qur’an hingga muda-mudi yang asik belajar Beksi, pencak silat yang berpadu dengan tarian khas Betawi.

Setu-BabakanAnda juga bisa berwisata alam di danaunya, baik itu danau Babakan maupun Mangga Bolong. Nikmati suasana danau dengan menyusuurinya menggunakan perahu ataupun memancing ikan di sana. Perkampungan ini juga cukup mudah di jangkau dengan banyaknya kendaraan umum yang melintas di sana, mulai dari metro mini hingga taksi. Dari pasar minggu kawasan perkampoungan ini hanya berjarak 30 menit perjalanan. Yuk mengenal wajah asli Jakarta dan melestarikan budaya Betawi di Setu Babakan demi menjaga keberagaman budaya Indonesia.

Refrensi:

https://setubabakan.wordpress.com/about/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *