MONAS, Belajar Sejarah dan Melihat Jakarta dari Ketinggian

monas1Siapa yang tak mengenal MONAS? Bangunan setinggi 433 kaki atau sekitar 123 meter tersebut tidak menjadi ikon kota Jakarta, namun juga Indonesia. Sebagian pendatang akan menuju Monas sebagai tempat pertama yang mereka kunjungi ketika di Jakarta. Kemegahan MONAS menunjukkan betapa kuatnya keinginan masyarakat Indonesia kala itu untuk mencapai merdeka. Terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka Jakarta Pusat, Monumen Nasional ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk anda berakhir pekan. Anda bisa menikmati senam pagi yang ada diadakan di sini dan melanjutkan untuk berjalan-jalan ke museumnya dan belajar sejarah Indonesia. Setelah itu nikmati keramaian kota Jakarta dari ketinggi Monas.

monas melIde pendirian monumen peringatan ini berasal dari Presiden Soekarno. Beliau menginginkan sebuah monumen nasional layaknya Menara Eifel yang akan membuat siapa saja yang melihat akan mengenang dan melestraikan semangat perjuangan Indonesia. Hingga kemudian dilakukan kompetisi perancangan karya yang pada akhirnya dimenangkan oleh Frederich Silaban. Meski sempat tertunda pembangunannya karena ekonomi Indonesia memburuk, namun pada 17 Agustus 1961, Frederich Silaban bersama R. M. Soedarsono mulai membangun Monas. Dibangun dengan bentuk lingga atau yonidi, semua bagian Monas dilapisi dengan marmer. Puncaknya berbentuk cawan dengan 77 bagian lidah api yang terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi emas 45 kg sumbangan dari salah satu pengusaha di Aceh, Teuku Markam. Lidah api tersebut disatukan setinggi 17 meter dan diameter 6 meter yang menggambarkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan tidak akan pernah padam.

monasMonumen Nasional ini baru bisa diresmikan dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Peresmian ini dilakukan sendiri oleh Presiden Soekarno. Kini untuk bisa menikmati wisata di Monas ini anda bisa membeli tiket di sebelah utara pintu masuk dan anda akan dikenai Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Sedangkan jika anda menginginkan untuk naik ke pucak, anda akan dikenai biaya lift sebesar Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Monumen ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 9.00 pagi hingga 04.00 sore. Di hari libur, Lapangan Medan Merdeka dijadikan sebagai tempat rekreasi dan bersantai di taman sambil menikmati kemegahan Monas.

800px-Relief_of_Indonesian_History,_MonasAnda bisa meyaksikan betapa Indonesia memiliki sejarah yang cukup besar dengan melihat relief timbul yang berada di halaman luar dan mengelilingi monumen. Sejarah dimulai dari kerajaan Singasari dan Majapahit, dilanjutkan dengan kronologis masa penjajahan Belanda dan perlawanan yang dilakukan, para pahlawan, hingga terbentuknya organisasi modern. Sejarah terus berlanjut dengan adanya Sumpah Pemuda, penjajahan Jepang, proklamasi, revolusi pasca proklamasi, hingga mencapai Indonesia modern. Semua relief tersebut bergerak searah jarum jam menuju sudut tenggara, barat daya, dan barat laut. Sementara di bagian dasar monumen terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang memasang 48 diorama pada keempat sisinnya dan 3 diorama di tengah yang juga menampilkan sejarah Indonesia hingga masa ORBA.

Independence_RoomIngin melihat teks proklamasi? Anda bisa mendatangi ruang kemerdekaan. Ruangan yang berbentuk  amphitheater ini berada dicawan monumen dan menyimpan berbagai simbol kemerdekaan Indonesia. Mulai dari teks asli prokamais yang disimpan di kotak kaca berlapis emas, lambang negara, peta Indonesia yang juga berlapis emas, dan bendera merah putih. Di tempat yang juga menjadi ruang tenang untuk mengheningkan cipta ini, dindingnya dihiasi dengan naskah proklamasi. Sementara untuk sampai ke puncak, anda bisa menggunakan elevator yang ada di pintu sisi selatan. Pelataran puncak tersebut berukuran 11×11 meter dengan kapasitas 50 orang. Dari sinilah anda bisa menikmati pemandangan seluruh kota Jakarta.

Monas_Peak_PlatformMonumen Nasional tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi namun juga memiliki harga yang tinggi. Dalam kalkulasi secara materi, harga MONAS bisa mencapai Rp 32,4 triliun. Betul-betul sejarah yang berharga yang patut untuk kita lestarikan dan kita jaga. Di malam hari pemandangan di sekitar Monas juga cukup indah dinikmati. Karena lokasinya yang dipusat kota, hotel murah di Jakarta terletak di sekitarnya, seperti:download

Refrensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Nasional
  • http://bisnis.liputan6.com/read/2193473/jika-dijual-berapa-harga-monas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *