Ocean Ecopark, Tempat Rekreasi, Belajar, dan Berpetualang

ocean ecoparkAncol tak akan pernah bosan untuk dikunjungi karena tempat ini menawarkan beragam wahana wisata yang dipadukan dengan banyak hal, mulai dari edukasi, budaya, petualangan, dan juga lifestyle. Kali ini kita akan mengunjungi Ocean Ecopark, sebuah lahan bekas Padang Golf Ancol yang disulap menjadi tempat rekreasi yang lebih dari sekedar tempat hiburan. Ocean Ecopark tak hanya menawarkan nilai hiburan namun wahananya juga dipadukan dengan nilai-nilai edukasi dan petualangan yang dikemas dalam green lifestyle. Ocean Ecopark menjadi ruang terbuka hijau bagi para pengunjung Ancol untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pertanian dan dipadukan dengan hiburan di tempat terbuka. Ada beberapa kawasan yang kini sudah bisa dinikmati, seperti zona eco nature, eco care, dan juga eco art. Dan sebentar lagi akan ditambahkan zona eco energy. Masing-masing zona dilengkapi dengan sejumlah tanaman yang disesuaikan denagn fungsinya bagi lingkungan tempat ia berada. Sehingga berkunjung ke Ocean Ecopark pengunjung tidak hanya menikmati suasan alam yang hijau, teduh, dan sejuk namun juga bisa menjadi tempat belajat botani yang menyenangkan. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan permainan yang menantang pengunjung untuk berpetualang.

Berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Ocean Ecopark:

1. Outbondholic Ancol Adventure Park

outbond1Wahana ini hadir untuk memberikan petualangan baru bagi segala usia dimana para pecinta outbond bisa menikmati suasana outbond tanpa harus keluar dari Jakarta dan berlokasi strategis di pusat ibukota. Tak kurang lahan seluas 1,5 hektar disulap menjadi tempat outbond denagn dibimbing oleh tim yang profesional yang akan membantu peserta outbond untuk trekking ke sejumlah area outbond. Untuk jalurnya sendiri dibagi menjadi dua yakni sirkuit anak-anak untuk usia 6-12 tahun dan sirkuit remaja dan dewasa. Masing-maisng sirkuit memiliki empat zona, mulai dari biru, hijau, hitam, dan juga merah dengan jumlah permainan antara 7-8 disetiap zona. Untuk jumlah pemainnya sekitar 35 orang/jam untuk sirkuit dewasa sementara untuk sirkuit anak-anak bisa mencapai 60 oran./jam. Pertama-tama tim akan dibawa ke sirkuit teringan sambil perlahan-lahan dibawa ke sirkuit dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Dan untuk melengkapi fasilitas di OutbondHolic Ancol Adventure Park terdapat OutbondHolic Resto yang bisa digunakan oleh para orang tua sebagai tempat menunggu putra-putri mereka. Restoran ini juga dilengkapi dengan kamar hanti dan menyediakan sejumlah menu mulai dari tradisionl, asia, hingga barat.

2. Paintball

paintballSalah satu wahana memacu adrenalin yang ditawarkan oleh Ocean Ecopark dimana pengunjung bisa saling adu tembak cat di lahan seluas 1,5 Ha. Ada tiga zona permainan yang harus dilewati meliputi battle savana yang berupa gundukan rumpur sebagai barikade pertempuran, battle village berupa reruntuhan bangunan perkampungan, dan battle field yang dilengkapi dengan properti barikade yang unik seperti gerbong kereta, tanah berkontur, dan juga danau alami. Keseluruhan permainan ini di masing-maisng zona membutuhkan waktu 60 menit dengan misi yang berbeda. Pada masing-masing sesi akan ada dua orang wasit yang akan memimpin dan mengawasi jalannya pertandingan serta akan menindak para pemain yang terkena tembak. Jika masih dalam tahap orientasi maka pemain akan diminta untuk kembali ke base camp. Namun jika sudah sampai tahapan sudden death maka pemain akan diminta keluar dari arena perttempuran. Sebelum memulai permainan, para pemain akan mendapatkan pengarahan mengenai bagaimana cara menggunakan senjata, menembak, mengunci senjata, sistem permainan, dan juga peraturan-peraturan yang ada. Pemain juga akan mendapatkan seragam, senjata, dan juga googlet. Pengunjung yang boleh mengikuti permainan ini adalah mereka yang telah berusia 14 tahun.

3. Rumah Lebah

RumahLebah-Slider2Di area ini pengunjung bisa belajar dan berkenalan lebih mendalam mengenai kehidupan lebah sekaligus berinteraksi secara langsung dengan mereka. Mulai dari jenis-jenis lebah, pola hidup mereka, tugas para lebah di koloni mereka, morfologi lebah, hingga daur hidup lebah, dari telur berlanjut ke metamorfosis hingga menjadi lebah dewasa. Para pendamping yang berpengalaman juga akan menjelaskan manfaat lebah dan juga cara menggunakan alat ekstraksi madu yang bisa menyaring madu tanpa perlu merusak sarangnya. Berkunjung ke Rumah Lebah, pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan mengenai lebah lebih mendalam dibandingkan hanya dengan membaca buku.

4. Learning Farm

learningfarm2Di area ini pengunjung, terutama anak-anak, bisa merasakan menjadi petani sayur dengan berkebun di lahan yang cukup luas. Mereka akan diajari mulai dari proses penanaman, perawatan, hingga cara memanen sayuran, yang tentunya dengan waktu yang lebih singkat. Para orang tua tidak perlu khawatir karena cara bertanam ini menggunakan pupuk oragnik terbaik sehingga aman bagi si kecil.

5. Rumah Energy

Area ini akan menjadi tempat belajar mengenai energi-energi alternatif yang lebih ramah terhadap lingkungan, mulai dari biogas, pupuk cair, pupuk pada, pupuk organik berbahan urine kelinci, lampu organik bertenaga minyak kelapa, efektif mikroorganisme, dan juga solar cell. Para tutor akan menjelaskan cara pembuatan energi-energi alternatif tersebut sehingga bisa dipraktekkan pengunjung kala di rumah. Dengan adanya rumah energy ini diharapkan bisa mengurangi efek global warming dengan beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

ocean ecoparkSelain kelima area tersebut, Ocean Ecopark juga menawarkan aktivitas rekreasi kepada pengunjung dengan berkano di danau, bersepeda di alam terbuka yang hijau dan segar, dan juga menikmati pertunjukan spektakuler di Fantastique yang memadukan video 3D dengan pertunjukan sinar laser, air mancur, pertunjukan sinar laser, dan juga drama musikal. Jika berkunjung ke akhir pekan jangan lewatkan untuk eco-market yang menjual sejumlah bahan pangan organik seperti sayur dan buah, dan juga tanaman hias serta kerajinan tangan. Hal ini membuat eco-market menjadi pasar organik pertama dan terbesar yang ada di Jakarta. Selain berbelanja, pengunjung juga bisa mengikuti senam pagi, demo pembuatan keramik, hingga penampilan musik akustik yang akan menghibur para pengunjung. Jadi buat anda yang ingin mengajak anak-anak berlibur namun tetap bisa belajar ilmu-ilmu baru yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, jangan lewatkan kunjungan ke Ocean Ecopark dalam tour Jakarta anda.

Refrensi:

http://www.ancol.com/id/destinasi/ocean-ecopark

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *