Paket Wisata di Bandung 2017

Pengenalan Kota Bandung

dusun-bambuBagi masyarakat sekitar Jakarta, liburan akhir pekan yang relatif singkat biasanya diisi dengan mengunjungi kawasan Puncak. Seperti sudah jadi jadwal rutin kalau liburan pasti tempat ini yang dikunjungi. Akan tetapi, apa tidak bosan jika mengunjungi tempat yang sama terus-menerus?

Cobalah sesekali pergi agak jauh dari Jakarta. Misalkan ke Bandung. Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat, juga dikenal sebagai salah satu kota besar yang layak dikunjungi untuk kebutuhan wisata. Apalagi sang Walikota Bandung, Ridwan Kamil, yang telah membuat perubahan tatatan kota yang menjadi lebih rapi dan ramah terhadap masyarakat. Saat ini paket Wisata Bandung sudah menjadi populer bagi sebagian besar masyarakat Jakarta.

Bukan hanya itu, ruang terbuka hijau di Bandung juga diperhatikan sehingga sekalipun hanya taman di Bandung bisa menjadi spot yang menarik bagi orang-orang yang terbiasa hidup dengan hiruk-pikuk kesibukan kota besar. Kalau berkesempatan liburan ke Bandung, wajib ke mana saja? Kami memberikan daftar rekomendasi tempat wisata yang mungkin bisa menjadi alternatif wisata Anda.

Wisata Populer di Bandung

Gedung Sate

Sebagai landmark dari Bandung, rasanya belum sah liburan ke Bandung tanpa mengunjungi (dan foto-foto) di area Gedung Sate. Bangunan yang dibangun bahkan sejak tahun 1920 ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Gedung Sate pernah digunakan sebagai gedung administrasi dan kini berubah fungsi menjadi area wisata.

Alamat: Jalan Diponegoro 22, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, 40115
Telepon: 022 4233347
Jam Buka: setiap hari, 24 jam
HTM: free

Masjid Agung Bandung

Bangunan kedua yang juga menjadi landmark Bandung adalah Masjid Agung Bandung. Masjid ini terbilang unik dan menawan karena arsitekturnya yang memadukan model khas Sunda dan Arab. Meski memang sebuah area untuk ibadah, tempat ini ramai pengunjung baik masyarakat Bandung itu sendiri maupun wisatawan dari luar kota. Kehadiran lapangan sintesis yang dipasang di area halaman masjid menjadikan Masjid Agung ini lebih terbuka sebagai ruang publik.

Alamat: Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung, Jawa Barat, 40251
Telepon: 0878-8084-7423
Jam Buka: untuk wisata umum 10.00 sampai 17.00 WIB (biasanya hanya weekend)
HTM: Rp 3.000 per orang (dewasa) dan Rp 2.000 per orang (anak-anak), tiket berlaku untuk memasuki kawasan menara Masjid Agung Bandung.

Trans Studio Bandung

Alternatif wisata selanjutnya yang bisa dipilih adalah dengan mengunjungi Trans Studio Bandung. Tempat ini merupakan kawasan wisata terpadu yang menawarkan berbagai macam permainan di dalam studio dan bisa dikatakan cukup modern. Di dekat TSB juga terdapat pusat perbelanjaan yang memfasilitasi orang tua yang butuh belanja sementara buah hatinya bersenang-senang di TSB.

Alamat: Jalan Jenderal Gatot Subroto 289, Cibangkong, Bandung, Jawa Barat
Telepon: 022 8601-2555
Jam Buka: 10.00 sampai 19.00 WIB
HTM: Rp 100.000 per orang

Kawasan Wisata Kawah Putih

Satu lagi kawasan wisata di daerah Bandung yang menjadi bukti bahwa kunjungan wisatawan telah afdol: Kawah Putih. Ini adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan air yang ada dalam danau tersebut benar-benar berwarna putih sebagai hasil pencampuran air dengan unsur belerang. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah cukup memadai mulai dari area parkir, mushola, restoran, toilet, pusat informasi, dan lain-lain.

Alamat: Jalan Raya Soreang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat
Telepon: 0812-2345-6911
Jam Buka: 08.00 sampai 17.00 WIB
HTM: Rp 20.000 per orang

Kampung Gajah Wonderland

Alternatif tempat wisata terutama bagi Anda yang berlibur bersama buah hati adalah di Kampung Gajah Wonderland. Inilah taman hiburan yang menawarkan keindahan alam Bandung dengan udara yang sejuk. Meski namanya menggunakan unsur binatang gajah, bukan berarti di daerah ini terdapat cukup banyak populasi gajah yang hidup dan dirawat. Dalam area wisata Kampung Gajah ini terdapat berbagai macam permainan yang bisa dipilih dan dicoba oleh wisatawan.

Alamat: Jalan Sersan Bajuri KM 3.8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat, 40559
Telepon: 022 8888-4012
Jam Buka: 08.00 sampai 18.00 WIB
HTM: Rp 15.000 per orang (weekdays) dan Rp 20.000 per orang (weekend)

Floating Market Lembang

Pasar terapung tidak hanya ada di Kalimantan saja. Cobalah berkunjung ke Bandung, tepatnya di daerah Lembang, karena di sana terdapat area pasar apung sekaligus tempat wisata bernama Floating Market Lembang. Perlu diketahui juga bahwa pasar terapung di Lembang ini berbeda dengan pasar terapung di Kalimantan yang menjajakan berbagai sayur dan buah serta bahan masak mentah, akan tetapi pasar terapung ini menjajakan berbagai makanan siap santap yang begitu lezat. Anda bisa menikmati sajian lezat tersebut dengan pemandangan alam yang juga tak kalah cantik dan nikmat dipandang.

Alamat: Jalan Grand Hotel 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40391
Telepon: 022 278-7766
Jam Buka:  Jumat-Minggu 08.00 sampai 20.00 WIB
HTM: Rp 15.000 per orang (tidak termasuk harga tiket per wahana)

Bosscha Observatory

Pernah lihat film berjudul Petulangan Sherina? Kalau iya, pasti tidak asing dong dengan adegan saat Sherina berusaha menyelamatkan diri dengan bersembunyi di sebuah bangunan pengamatan bintang. Bangunan tersebut bernama Observatori Bosscha. Tempat ini dulunya digunakan untuk mengamati bintang namun sekarang beralih fungsi sebagai salah satu tempat wisata. Memasuki tempat ini Anda akan dipandu untuk mengelilingi area observatorium sembari dijelaskan tentang teropong dan cara kerjanya.

Alamat Peneropong Bintang, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
Telp 022 2786-001
Jam Buka: 09.00 sampai 20.00 WIB
HTM: Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per orang

Paris Van Java

Paris Van Java merupakan sebuah tempat yang memadukan area wisata belanja, kuliner, hiburan, dan kawasan mall dengan konsep Resort Lifestyle Place. Tempat ini lebih disarankan bagi Anda yang hendak berbelanja dan menemukan oleh-oleh untuk saudara dan rekan kerja di kota asal. Area PVJ sendiri sangat luas dan dibagi berdasarkan kategori tertentu, misalkan kuliner, mall, bioskop, dan lain-lain. Karena saking luasnya, lebih baik Anda tentukan hendak berjalan ke mana saja daripada hanya sekadar mondar-mandir – meskipun memang berjalan-jalan di area PVJ ini benar-benar menyenangkan.

Alamat Jalan Sukajadi 131-139, Cipedes, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat 40162
Telepon: 022 2060-800
Jam Buka: 10.00 sampai 23.00 WIB
HTM: free

Paskal Food Market

Butuh wisata kuliner? Mari berkunjung ke Paskal Food Market. Area ini terkenal sebagai area kuliner yang menyenangkan karena juga bisa digunakan sebagai tempat nongkrong, baik oleh kawula muda Bandung maupun wisatawan yang hendak gaul ala Bandung. Ada cukup banyak restoran yang menjajakan produk mereka di sini, Anda tinggal pilih hendak menyantap yang mana. Dijamin memuaskan!

Alamat Paskal Hyper Square, Jalan Pasir Kaliki 25-27, Kebon Jeruk, Andir, Ciroyom, Bandung, Jawa Barat
Telepon: 022 8606-0789
Jam Buka: 11.00 sampai 23.00 WIB
HTM: free

Penginapan Bandung paling Rekomended

Menikmati liburan di Bandung pasti tidak hanya membutuhkan waktu satu atau dua hari saja. Maka, Anda membutuhkan tempat penginapan atau hotel di Bandung yang menunjang waktu istirahat Anda di sela waktu liburan. Jadi, jangan asal pilih penginapan. Berikut ini kami siapkan beberapa hotel dan penginapan terekomendasi yang terbukti mendapatkan tesimoni dan rating stay dari tamu-tamu hotel cukup tinggi dari tamu-tamu yang memberikan review pada situs TripAdvisor dan beberapa Online Travel Agent lainnya.

Hotel Hilton Bandung

Rekomendasi pertama jatuh pada Hotel Hilton Bandung. Tempat ini begitu unik dengan perpaduan warna hijau dari rumput dan tanaman dengan perabotan bernuansa cokelat yang tegas. Hotel bintang 4.5 ini mendapatkan testimoni memuaskan dari 1.300 tamu yang memberikan review tas fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Alamat Jalan HOS Tjokroaminoto 41-42, Bandung, Jawa Barat 40171
Telepon: 022 86066-8888
Rentang harga: Rp 1.027.000 sampai Rp 1.947.000 per malam berdasarkan tarif rata-rata kamar standar.

GH Universal Hotel

Kalau tidak mau terbilang kurang hits, sebaiknya Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menginap di GH Universal Hotel. Sekilas, hotel ini terlihat seperti bangunan perkantoran di Amerika. Nuansa klasik dalam hotel ini begitu kental dan itulah yang menjadi kepuasan bagi tamu-tamu hotel sebelumnya. Rating hotel ini mencapai 4.5 dilansir dari situs TripAdvisor berdasarkan sekitar 1.100 review yang masuk.

Alamat: Jalan Dr. Setiabudhi 376, Bandung, Jawa Barat, 40143
Telepon: 022 2010-388
Rentang harga: Rp 933.000 sampai Rp 2.560.000 per malam berdasarkan tarif rata-rata kamar standar.

The Valley Resort Hotel

Alternatif penginapan menyenangkan ketiga jatuh pada The Valley Resort Hotel.The Valley Resort Hotel direkomendasikan bagi Anda yang berlibur bersama keluarga terutama ketika membawa serta putra dan putri Anda. Mengapa? Hotel ini tidak hanya menyenangkan bagi orang dewasa dan orang tua yang menginap tetapi juga bagi anak-anak karena terdapat area bermain anak.Sehingga baik anak maupun orang tuanya sama-sama merasa nyaman di hotel ini – begitu testimoni para tamu hotel yang telah merasakan nyamannya The Valley Resort Hotel.

Alamat Jalan Lembah Pakar Timur 28, Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat
Telepon:
Rentang harga: Rp 787.000 sampai Rp 1.667.000 per malam berdasarkan tarif rata-rata kamar standar.

Garden Permata Hotel

Alternatif penginapan terekomendasi terakhir jatuh pada Garden Permata Hotel. Hotel klasik satu ini berada dekat Pasteur dan menjadi rekomendasi bagi Anda berdasarkan testimoni kepuasan tamu hotel sebelumnya. Tarif penginapan untuk hotel bintang 4 ini juga relatif murah dibandingkan hotel bintang 4 lainnya sehingga tak jarang ini menjadi pilihan banyak wisatawan ketika berkunjung ke Bandung dan membutuhkan penginapan ekonomis.

Alamat Jalan Lemahneundeut 7, Sukawarna, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat, 40164
Telepon: 022 2011-000
Rentang harga: Rp 253.000 sampai Rp 307.000 per malam berdasarkan tarif rata-rata kamar standar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *