Pesona Pulau Tidung dan Jembatan Cinta

pulau-tidungWah … weekend sudah hampir tiba nih travelers. Ada rencana apa kalian akhir pekan ini? Jika travelers berencana buat liburan ke tempat yang masih alami dengan pemandangan yang menyejukkan mata, travelers bisa mengujungi Pulau Tidung. Lokasinya yang masih di seputaran kota Jakarta membuat travelers tak perlu membuang waktu lama. Karena pulau yang masuk dalam jajaran pulau di Kepulauan Seribu ini hanya berjarak sekitar 2,5 jam dari kota Jakarta dengan menggunakan kapal penumpang. Kalau ingin lebih cepat bisa menggunakan speed boat sehinggabisa sampai di sana hanya dalam waktu 45 menit. Pulau seluas 5 km² ini telah menjadi temapt wisata berbasis penduduk sejak tahun 2009. Karenanya banyak wisatawan, baik sekitaran Jakarta hingga luar kota bahkan mancanegara. Pulau Tidung pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk libur akhir pekan di Jakarta selain Ancol, TMII, Ragunan, dan Monas. Sekitar 3.000-an wisatawan menghabiskan libur akhir pekan mereka denagn mengunjungi pulau kecil nan cantik ini.

pulau tidungPulau Tidung masih terbagi lagi menjadi dua pulau kecil lain, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang untuk menuju keduanya telah dibangun sebuah jembatan sepanjang 800 meter. Jembatan yang dahulunya hanya terbuat dari kayu ini kini telah dibuat permanen dengan dipancang pagar setinggi satu meter di sekelilingnya dan didominasi cat berwarna biru. Jembatan ini disebut dengan jembatan cinta karena memiliki mitos cinta yang dipercaya oleh wisatawan yang bertandang ke sana. Ada yang mengatakan jika melintas di jembatan tersebut bisa segera menemukan jodoh untuk yang jomblo dan yang sudah berpasangan hubungan mereka menjadi lebih langgeng. Jadi buat kalian travelers yang masih jomblo tak ada salahnya berkunjung ke Jembatan Cinta Pulau Tidung. Siapa tahu sepulang dari sana traveles bisa menyudahi masa kesendirian 😉

jembatan cinta pulau tidungBagian jembatan yang paling melekat dengan mitos tersebut adalah bagian melengkung dengan pagar yang diberi cat warna merah muda. Di bagian ini pula ada yang menafsirkan bahwa jembatan ini menjadi penghubung antara yang satu dengan yang lain. Di kolong jembatan setinggi 4-5 meter tersebut kerap dilalui perahu atau speed boat kecil. Dari atas jembatan cinta travelers memang akan menemukan pemandangan yang menakjubkan, yakni gambar mentari yang siap menutup diri di ufuk barat. Moment tersebut semakin indah dan romantis jika disaksikan bersama orang terkasih. Dari jembatan cinta ini pula travelers bisa bernarsis ria dengan mengabadikan banyak jepretan kamera dan juga berbackground pemandangan yang menakjubkan.

pulau-tidung-01Selain jembatan cinta, daya tarik lain sekaligus daya tarik utama dari Pulau Tidung adalah wisata baharinya. Dengan lautnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan membuat siapa saja yang melihat semakin penasaran dengan kehidupan bawah lautnya. Acara snorkeling menjadi agenda wisatawan yang tak bisa terlewat dimana mereka mengeksplorasi keindahan terumbu karang warna-warni dan juga ikan-ikan cantik yang sibuk berenang ke sana ke mari. Tak hanya di dekat jembatan cinta namun titik menyelam bisa ditemukan di perairan lain yang lebih jauh dengan menyewa kapal berkapasitas 60 orang. Penyedia jasa kamera underwater juga bisa travelers manfaatkan jika lupa tak membawanya. Aktivitas bahari lain yang bisa dilakukan di Pulau Tidung dengan menikmati permainan sejumlah wahana seperti banana boat, donut boat, jet ski, ataupun berkano.

pesona pulau tidungMasih banyak lagi pesona Pulau Tidung yang bisa travelers eksplorasi. Jadi untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan tak perlu jauh dari kota Jakarta. Pulau Tidung bisa menjawab kebutuhan travelers untuk akhir pekan yang berkesan dengan keindahan yang tiada tara. Happy weekend and happy traveling 🙂

Refrensi:

http://travel.kompas.com/read/2014/09/21/153800627/Liburan.ke.Pulau.Tidung.dan.Mitos.Jembatan.Cinta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *