Pulau Semak Daun, Tempat Bersembunyi dari Rutinitas Kota Jakarta

 

pualu semak daunMendengar namanya mungkin travelers merasa aneh. Namun Pulau Semak Daun memang tempat yang pas untuk menyembunyikan diri dari segala rutinitas kota Jakarta yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Sama seperti masa kecil kita yang memanfaatkan semak-semak daun kala bersembunyi waktu bermain petak umpet ataupun menghindari orang tua, Pulau Semak Daun juga bisa menjadi tempat bersembunyi untuk kita yang ingin menenangkan diri. Apalagi lokasinya yang masih di kawasan Jakarta, tepatnya di Kepulauan Seribu membuat tempat ini bisa menjadi pengalih perhatian sejenak di waktu libur akhir pekan. Pulau Semak Daun juga bisa menjadi pilihan travelers yang suka banget camping di alam bebas karena di pulau ini memang tidak ada fasilitas penginapan maupun fasilitas wisata yang lainnya.

pagi di pulau semak daunDengan kondisi pulaunya yang begitu tenang membuat Pulau Semak Daun benar-benar tempat yang tepat untuk menjauh dari segala keramaian kota Jakarta, jauh dari kebisingan dan polusi kota metropolitan tersebut. Jadi sejenak travelers bisa menghirup udara yang segar dan bersih setelah hampir sepekan terpapar polusi. Paru-paru travelers pun bisa menikmati udara yang bersih dan kaya akan oksigen. Sebagaimana nama dari pulau ini, penampakan Pulau Semak Daun memang dipenuhi dengan semak-semak dan pepohonan lebat yang membuat udara di sana begitu sejuk dan segar. Untuk menuju ke pulau ini pun tidak terlalu sulit, meski dengan waktu perjalanan yang cukup lama. Dari Pelabuhan Muara Angke, travelers tinggal naik kapal menuju ke Pulau Pramuka dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Kalau mau cepat bisa menggunakan speedboat dari Pelabuhan Ancol. Pulau Pramuka tidak hanya sebagai tempat transit namun juga sebagai tempat memenuhi segala kebutuhan karena tidak ada fasilitas yang bisa didapatkan di Pulau Semak Daun selain fasilitas alam yang telah diberikan Tuhan. Mulai dari penginapan -buat travelers yang tidak mau camping- berada di Pulau Pramuka. Termasuk juga kebutuhan air tawar juga harus diambil dari sini.

snorkling di semak daunMeski minim fasilitas namun dengan keindahan yang ditawarkan rasanya tak bermasalah jika kita sedikit bersusah payah. Jika travelers camping di sini, pada pagi hari travelers bisa menikmati matahari pagi yang nampak malu-malu menampakkan diri. Selain itu pantai di Pulau Semak Daun juga cukup landai dengan kondisi pasir putih yang tidak hanya lembut namun juga bersih. Keseluruhan pantai ini juga bersih, selain kotoran yang diberikan alam seperti daun-daun kering yang berguguran. Pulau Semak Daun juga bisa menjadi surga bagi travelers yang hobi snorkeling, bahkan diving. Ada sejumlah spot di bawah laut Pulau Semak Daun yang bisa disinggahi yang tentunya menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan dengan beragam biota lautnya yang beraneka ragam, aneka warna, dan dalam kondisi yang sehat. Misalnya saja di Pulau Karang Beras dan Pulau Air yang menawarkan terumbu karang aneka warna dengan ikan-ikan yang berenang diantaranya.

penyu semak daunOh iya, Pulau Semak Daun juga menjadi area konservasi penyu dan mangrove. Travelers yang pengen mengenal penyu sisik bisa bertandang ke sana. Sementara untuk pusat konservasi mangrove berada di utara pulau. Mangrove-mangrove ini tidak hanya membuat udara di Pulau Semak Daun jadi sejuk namun juga menjadi pelindung pantai dari abrasi. Melihat keindahan dan kealamian Pulau Semak Daun dijamin bikin travelers betah dan enggan untuk pulang. Tentunya travelers pengen dong keindahan Pulau Semak Daun seperti sekarang ini. Karenannya selama di sana travelers harus jaga kebersihan dan kelesatarian alamnya ya 😉 Yang mau liburan di Jakarta bisa menggunakan hotel murah di Jakarta buat akomodasi. Atau kalau gak mau ribet bisa pakek paket tour Jakarta yang murah meriah namun kualitas tetap nomor 1 🙂

Refrensi:

http://www.tambora.web.id/2013/01/camping-ceria-di-pulau-semak-daun.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *