Rumah Batik Danar Hadi, Wisata Heritage Di Luar Surakarta

danar-hadi-logoSejak ditetapkan sebagai warisan asli Indonesia, batik telah menjadi fashion favorit oleh semua kalangan. Tak hanya digunakan dalam pakaian, namun motif batik telah merambah pada aksesoris lain untuk mempermanis fashion tersebut. Bahkan di tangan-tangan ahli, baju batik tidak hanya menjadi pakaian formal namun juga dipadupadankan hingga bisa dikenakan pada berbagai kesempatan. Di Jakarta sendiri, terdapat sebuah rumah batik legendaris, Danar Hadi, yang berusaha merintis, membesarkan, dan mengembangkan batik di luar Kota Surakarta. Tidak hanya ada di kota metropolitan Jakarta, Batik Danar Hadi jadir juga di sejumlah kota-kota besar di Indoenesia.

Santosa Doellah & Danarsih Hadipriyono 2Meski sejarah Danah hadi dimulai dari Kota Surakarta pada tahun 1967, namun Batik Danar Hadi ingin mengembangkan sejarah ini hingga memenuhi pasar nasional. Nama Danar Hadi diambil dari nama pasangan pengelola awal perusahaan ini, H. Santosa Doellah dan Hj. Danarsih. Usaha ini berawal dari usaha kakek buyut H. Santosa Doellah, H. Bakri yang juga seorang tokoh penting dalam Serikat Dagang Islam dan aktif pada masa pergerakan nasional. H. Santosa Doellah sendiri dulunya adalah seorang kolektor batik. Ia mengkoleksi berbagai batik dari berbagai zaman sejak masa kerajaan pengaruh Hindu-Budha hingga pada masa penjajahan Belanda. Ia kemudian menjual batik-batik tersebut dan memperkenalkan sejarah Indonesia melalui corak batik yang ada. Dengan keuletan, keahlian, pengalaman, jiwa wiraswasta, dan sikap terbuka pada perkembangan mode, Batik Danar Hadi kini telah berkembang menjadi sebuah perusahaan nasional yang melayani batik untuk skala menengah ke atas.

danarhadi_pic206Dan mulai tahun 1975, Batik Danar Hadi mulai berkelana ke kota-kota besar. Tidak hanya membuka cabang, namun Batik Danar Hadi juga melakukan ekspansi perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan industri batik. Pada awalnya mereka memperluas usaha dengan membuka pabrik pertenunan & finishing di tahun 1981, yang dilanjutkan dengan pabrik permintalan pada tahun 1990. Dan di tahun 1997 mereka berhasil melakukan ekspansi usaha pada jaringan distribusi demi mengembangkan pasar. Berbagai penghargaan telah diperoleh Batik Danar Hadi atas komitmen mereka dalam mengembangkan industri batik nasional.

danarhadi_pic203Kualitas bahan yang digunakan oleh Batik Danar Hadi cukup diperhatikan. Untuk membuat batik yang berkualitas mereka memulainya dari kapas pilihan yang akan ditenun menjadi kain yang berkualitas. Usai  diperoleh kain dengan kualitas yang diinginkan, selanjutnya adalah proses membatik itu sendiri. Kain dicucui bersih melalui proses Keteli sebelum kemudian digambar polanya yang disebut dengan Japlak. Pola tersebut kemudian digambar dengan canting dan diwarnai beberapa kali hingga diperoleh kualitas warna yang diinginkan. Selanjutka dilakukan proses Lorod ata membasuh lilin dengan mencelupkannya pada air yang mendidih. Dan yang trakhir kain dijemur di bawah matahari langsung untuk kering sempurna.

danarhadi_pic204Batik Danar Hadi menyediakan berbagai batik untuk pria dan wanita, dewasa dan anak-anak. Ada pula pakaian muslim dengan motif batik dan baju batik dengan model sport. Anda juga bisa membeli berbagai kain dan peralatan rumah tangga dengan motif batik di sini. Nikmati pula beragam diskon dan event yang diselenggarakan oleh Rumah Batik Danar Hadi. Di Jakarta, gerai Batik Danar Hadi tersebar di beberapa tempat di Jakarta Selatan seperti North Skywalk Pondok Indah Mall 2 1st floor No. 108, Jl. Melawai Raya No 69-70, dan Jl. Prof. Dr. Soepomo No.29 Tebet. Gerai-gerai tersebut buka mulai dari jam 09.00 hingga 20.00. Anda yang dari luar Kota Jakarta tidak perlu khawatir, karena gerai batik tersebut cukup berdekatan dengan hotel murah di Jakarta, seperti:danarhadi_pic207

Refrensi:

  • http://www.danarhadibatik.com/site/contactus
  • http://www.momsfood.50webs.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *