Seru-Seruan Di Dunia Fantasi Ancol

logoTaman Impian Jaya Ancol memang benar-benar tempat impian untuk bersenang-senang bersama keluarga. Dengan berbagai wahana yang ditawarkan, taman rekreasi yang sudah ada sejak tahun 1966, tempat ini menjadi kawasan wisata terpadu yang tidak hanya tempat untuk rekreasi namun juga belajar. Ada banyak obyek wisata yang ditawarkan Ancol yang tidak mungkin bisa dikunjungi semua dalam satu hari. Di Taman Impian Jaya Ancol terdapat pantai dan taman, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure (Atlantis), Gelanggang Samudra, Sea World, Putri Duyung Cottages, dan masih banyak lagi. Bahkan kini Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki hotel dan apartemen yang bisa anda gunakan untuk menginap kala tour ke Jakarta. Namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai Dunia Fantasi Ancol atau yang lebih terkenal dengan sebutan Dufan.

ancolDunia Fantasi pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985. Tempat rekreasi ini menjadi pioner untuk kategori theme park yang dikelola oleh Perseroan dan memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009. Di Dufan anda tidak hanya diajak untuk bersenang-senang di area outdoor dengan berbagai wahana permainan berteknologi tinggi namun juga menjadi area hiburan indoor dengan hadirnya wahana Ice Age dan Kontiki. Area indoor ini mulai diperkenalkan pada tahun 2013 lalu. Sementara untuk wahana outdoornya, terbagi menjadi 8 bagian, yakni Jakarta, Indonesia, Asia, Amerika, Eropa, Yunani, Hikayat, dan Kalila. Berikut beberapa wahana yang ada di Dufan Ancol:

wahana indoor1. Wahana Indoor menawarkan petualangan seru dari Ice Age dan Hello Kitty. Di wahana Ice Age anda bisa bertemu secara langsung dengan para pemainnya dan merasakan proses pencairan es di kutub utara persis seperti yang diceritakan dalam ke 4 seri film Ice Age. Wahana ini merupakan proses kerja sama dengan 20th Century Fox Consumer Product-Amerika dan 3DBA- Eropa yang dikemas dalam konsep dark ride yang diramaikan dengan berbagai efek spesial dan teknologi canggih. Sementara untuk Hello Kitty Advnture, Dufan bekerja sama dengan Sanrio Jepang untuk menghadirkan Hello Kitty, My Melody, Kero-Kero Keroppi, Bad Batdz-Maru yang buka mulai pukul 10.00 pagi.

kawasan jkt dan indo2. Di kawasan Jakarta ada Turangga Rangga yang merupakan wahana komedi putar dengan 40 kuda tunggangan dan dihiasi ribuan lampu yang menambah kesan klasik di Dufan. Wahana ini cukup diminati segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin merasakan suasana romantis. Sementara untuk Kawasan Indonesia ada wahana tornado yang akan membawa anda melanglang buana ke angkasa sebelum kemudian membolak-balikkan anda di udara. Ada pula alap-alap yang merupakan wahana kereta luncur yang diminati segala usia dan akan membawa anda meliuk-liuk dengan kecepatan tinggi di sela-sela pepohonan.

kawasan asia3. Untuk kawasan Asia ada permainan Baku Toki yang berupa bumper car yang telah beroperasi sejak tahun 1985. Ada pula Gajah Bledug yang akan membawa anak-anak terbang tinggi oleh Flying Dumbo. Untuk wahana Kora-Kora pengunjung akan diayun maju mundur hingga 90° kemiringan dan menjadi favorit para remaja. Dan yang terakhir ada bianglala yang akan membawa anda berputar di kincir besar dengan ketinggian ± 30 meter dpl. Dari wahana ini pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai, matahari terbenam, dan warna-warni lampu Ancol.

kawasan amerika4. Kawasan Amerika menampilkan wahana Niagara-Gara yang berupa perahu luncur dengan mengikuti arus air. Wahana ini akan membawa anda naik hingga ketinggian 20 meter untuk selanjutnya terjun layaknya ke sungai-sungai Amerika. Selain itu ada pula Poci-Poci yang akan membawa anda berputar-putar sembari naik ke dalam cangkir besar.

kawasan eropa5. Kawasan Eropa menjadi tempat anda untuk mencoba berbagai wahana pemacu adrenalin seperti hysteria yang akan membawa anda pada ketinggian 60 meter hanya dalam waktu 4 detik. Ada pula kicir-kicir yang akan membawa anda berputar – putar di ketinggian 17 meter. Dan yang terakhir ada pertunjukan Treasureland Temple of Fire yang mengkisahkan tentang para arkeolog yang sedang menyelamatkan harta karun suku Inca Maya. Pertunjukkan ini dilengkapi oleh berbagai teknologi dan special effect seperti tembakan, ledakan, api, air dan bola batu raksasa.

kawasan hikayat6. Di Taman Impian Jaya Ancol anda juga bisa merasakan arung jeram melalui sungai buatan yang berada di Kawasan Hikayat. Teknologi pompanya mampu mengalirkan air hingga 1000 L/detik sementara jeram buatannya sepanjang 325 m mampu membuat anda merasakan sensasi arung jeram sungguhan. Ada pula wahana Rajawali yang akan membawa anda berputar-putar di ketinggian 25 meter dari permukaan. Sementara burung tempur akan membawa buah hati anda terbang lebih tinggi dengan kapsulnya yang bisa berputar 360°. Ingin bertemu pinguin lucu dalam film Happy Feet? Taman Impian Jaya Ancol menghadirkan wahana Teater Simulator–Happy Feet yang membuat anda merasakan petualangan karakter Mumble si Pinguin dengan teknologi ilusi optik. Dan yang terakhir ada Perang Bintan yang akan membawa anda berpetualang ke mars di tahun 2200 dan memusnahkan alien.

kawasan yunani7. Di kawasan Yunani anda bisa mencoba Halilintar yang membawa anda meluncur dalam lintasan loop 360°, lintasan turunan dan tanjakan yang tinggi dan cukup menikung. Anda juga bisa merasakan dibanting ke kanan dan ke kiri dan seolah bertabrakan di wahana pontang-panting. Atau anda bisa berayun dan berputar di wahana ontang-anting. Dan ombang-ambing akan membwa anda berputar layaknya putaran ombak.

kawasan kalila8. Dan yang terakhir kawasan Kalila, buah hati anda bisa mencoba bumper car for kids di wahana Ubanga-banga. Ada pula wahana Kalila Adventure yang merupakan wahana animatronik dengan memadukan musical showbiz, animatronik theater, film, sound dan special effect canggih dan science.

Puas menikmati semua wahana, anda bisa makan di area food court Dufan yang menawarkan berbagai masakan dari beberapa outlet seperti masakan padang, planet bakso, MC Donald’s, Starbucks, dan yang lainnya. Untuk tiket masuk ke Dufan sendiri terdiri dari beberapa harga, yakni Premium sebesar Rp 370.000 pada weekend dan Rp 450.000 pada hari libur, Fast Track sebesar Rp 120.000, Reguler Tiket dan Annual Pass sebesar Rp 260.000.

Refrensi:

https://www.ancol.com/id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *