Tips Berwisata dan Cari Penginapan Di Garut

Saat memasuki masa liburan, tentunya orang akan mulai mencari-cari tempat mana yang akan dikunjungi untuk menghabiskan waktu untuk berlibur.

Entah itu bersama keluarga maupun dengan orang orang terdekat. Bagi anda yang ingin mencari tempat berwisata yang menyenangkan dan dapat melepas kepenatan dari rutinitas sehari hari, mengapa tak mencoba untuk mengunjungi Garut.

Garut adalah salah satu Kabupaten yang lokasinya tak jauh dari Kota Bandung. Bahkan Garut memang sudah dikenal sebagai tempat perisitirahatan sejak zaman colonial.

Hal ini dikarenakan Kota garut dikelilingi banyaknya gunung sehingga membuat udara kota ini terasa segar dan sejuk.

Tak hanya itu saja kota Garut juga dikenal akan objek wisata nya yang cukup favorit oleh wisatawan lokal dan hotelnya yang bagus dan murah.

Selain itu, kota Garut juga mudah dijangkau dan cukup strategi sehingga banyak orang yang menjadikan Garut sebagai pilihan untuk berlibur.

Tak hanya wisata nya saja, Garut juga memiliki oleh-oleh yang khas dan bahkan populer hingga ke kota-kota lainnya yaitu Dodol Garut.

Sehingga Garut menjadi rekomendasi yang tepat bagi anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur.

Bagi anda yang belum mengetahui kota Garut, berikut ini ada tips berwisata dan cari penginapan di Garut yang dapat anda perhatikan.

Akses Menuju Garut

Untuk akses menuju Kota Garut memang terbilang cukup mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa keluar Tol Cileunyi kemudian diarahkan menuju jalan Bandung-Garut.

Kemudian setelah sampai cagak Nagreg, anda bisa belok ke sebelah kanan dan mengikuti jalanan ini hingga ke pusat Kota Garut.

Rute alternative lainnya adalah melalui Bandung – Majalaya- Ibun- Kamojang – Samarang – Garut. Rute ini sering digunakan jika terjebak macet ketika melewati rute sebelumnya.

Karena rute ini tidak jauh dengan pusat Kota Garut, anda bisa mudah mengunjungi beberapa tempat wisata mulai dari Candi Cakuang, Situ Bagendit, Area Cipanas, Kawah Talaga Bodas, Kawasan Kamojang, Kawasan Drajat, Gunung Papandayan, Curug Sang Hyang Taraje, dan lainnya.

Jika anda menggunakan angkutan umum, anda bisa mencoba naik bis melalui Terminal Leuwi Panjang ataupun Terminal Cicaheum menggunakan bis jurusan Garut.

Anda juga bisa menggunakan bis dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Lebak Bulus dari Jakarta dengan menggunakan bis Karunia Bakti atau Primajasa.

Jika anda tidak ingin menggunakan bis, anda bisa mencoba menaiki kendaraan sejenis Elf ataupun Suzuki Carry yang biasanya berada di Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwi Panjang.

Ataupun menggunakan angkutan umum setelah gerbang tol Cileunyi. Jika anda ingin mengunjungi pantai-pantai yang ada di Garut yang berada di jalur pantai selatan, anda bisa mencoba melalui Garut melalui via Selaran.

Namun untuk jalur ini direkomendasikan untuk kendaraan pribadi karena masih sedikitnya angkutan umum yang ada. Untuk menuju Garut Selatan, biasanya digunakan rute atau jalur selatan yang berasal dari Sukabumi, Cianjur, dan lainnya.

Kemudian anda tinggal mengikuti jalur tersebut hingga masuk ke daerah Garut. Jika anda berasal dari Bandung, gunakan rute Bandung – Pangalengan – Cisewu – Pantai Rancabuaya (Garut) ataupun menggunakan rute Bandung – Ciwidey – Cidaun – Pantai Rancabuaya.

Sangat mudah bukan? Jika mengunjungi Garut menggunakan jalur Selatan maka anda bisa mengunjungi beberapa tempat semisal Pantai rancabuaya, Pantai Santolo, Pantai Cijeruk, Pantai Puncak Guha, Pantai Cicalobak, dan masih banyak lainnya.

Objek Wisata Garut

Ada banyak sekali objek wisata di Garut yang bisa anda coba, wisata yang cukup terkenal dan populer di kalangan wisatawan adalah wisata pemandian air panas nya yang dikenal dengan Cipanas dan Kawah Putih Talaga Bodas.

Disini terdapat banyak pemandian yang dapat anda temukan dengan varian harga yang cukup beragam dan memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari hotel, resort, taman air, dan fasilitas pendukung lainnya yang membuat pengunjung semakin nyaman.

Pemandian air panas lainnya yang dapat anda kunjungi berada di Puncak Darajat yang berada di kawasan pegunungan.

Selain itu anda juga bisa mencoba berkunjung ke Gunung Guntur, Kampung Sampireun, Situ Bagendit, Arung Jeram Sungai Cimanuk, Talaga Bodas, Taman Satwa Cikembulan dan lainnya yang dekat dengan pusat kota Garut.

Menyisir ke Garut bagian selatan, anda akan terkagum dengan beragam wisata pantai nya yang cukup menarik dan indah.

Mulai dari Pantai Taman Laut Manalusu, Pantai Cilaut Muarareun, Pantai Santolo, Pantai Cijayana, Pantai Sayangheulang, Pantai Pamengpeuk, Pantai Karang Paranje, Dan pantai-pantai indah lainnya.

Setelah itu beralih ke wisata Garut bagian utara, terdapat banyak objek wisata yang tidak kalah menarik yang dapat anda kunjungi. Mulai dari wisata Argo, Curug Orok yang dilengkapi dengan penginapan, Curug Kancil dan lainnya.

Selain itu terdapat pula Gunung Papandayang dengan kawahnya yang cukup terkenal. Papandayan sendiri merupakan gunung yang masih aktif di Indonesia.

Namun meskipun begitu tetap masih banyak wisatawan yang berdatangan untuk mendaki. Dan masih banyak lainnya wisata-wisata Garut yang dapat anda kunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Mulai dari Pantai Taman Laut Manalusu, Pantai Cilaut Muarareun, Pantai Santolo, Pantai Cijayana, Pantai Sayangheulang, Pantai Pamengpeuk, Pantai Karang Paranje, Dan pantai-pantai indah lainnya.

Tips Mencari Penginapan di Garut

Bagi anda yang ingin berlibur sekaligus menginap di Garut, tentu saja anda akan mencari penginapan yang nyaman dan menyenangkan untuk mendukung liburan anda.

Bagi anda yang masih kebingungan mencari penginapan di Garut, berikut ini tips untuk mencari penginapan yang mudah dan nyaman selama berada di garut :

Lokasi Hotel

Pertama kali, anda harus menentukan terlebih dahulu lokasi hotel yang akan anda pilih. Hal ini merupakan paling penting, jangan sampai tempat anda menginap berjauhan dengan wisata yang akan anda kunjungi.

Untuk itu, akan lebih baik jika anda mencari penginapan jauh hari sebelum keberangkatan. Meskipun banyak hotel yang menawarkan harga murah, namun jika jauh dari wisata yang akan anda datangi maka hal itu dirasa percuma saja.

Fasilitas Hotel

Cek segala fasilitas hotel yang tersedia. Saat ini banyak hotel yang dilengkapi beragam fasilitas yang lengkap namun tentu saja harga nya akan semakin mahal.

Jika anda ingin mencari penginapan yang murah, bagus dan sesuai kebutuhan banyak penginapan yang dapat direkomendasikan di Garut. Salah satunya yaitu Kampung Sampireun garut.

Informasi Hotel

Jangan lupa untuk mengecek informasi hotel atau penginapan tempat anda akan bermalam. Jangan terbodohi dengan informasi apalagi dari sumber-sumber yang tidak dipercaya.

Anda bisa mengecek situs resmi dari penginapan tersebut. Ataupun dari situs-situs booking hotel yang populer saat ini.

Disana akan banyak sekali review-review dari orang yang sudah menggunakan hotel tersebut sebagai tempat menginap beserta penilaian jujur terkait penginapan tersebut.

Nah itu tadi tips berwisata dan cari penginapan di Garut untuk anda yang sedang mencari tempat berlibur yang menyenangkan bersama keluarga dan orang terdekat.

Rencanakan liburan anda jauh-jauh hari agar menghindari resiko hal yang tidak diinginkan terjadi. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Add a Comment