Wisata edukasi anak di Jakarta

Mengajak buah hati berwisata di Jakarta tidak melulu harus ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Ternyata masih banyak tempat wisata yang nyaman untuk anak, sekaligus bisa menambah pengetahuan. Berikut adalah beberapa tempat berlibur yang nyaman sekaligus bisa menambah pengetahuan anak di Jakarta.

Planetarium

Berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini Jakarta, Planetarium menyediakan edukasi astronomi atau perbintangan. Dibangun pada tahun 1969, teater bintang yang berada di Planetarium menyajikan pengetahuan tentang tata surya serta pembentukan alam semesta. Anak-anak juga bisa belajar rasi bintang, bagaimana penggantian siang dan malam, bagaimana meteor bisa sampai di bumi, dan masih banyak lagi. Berwisata ke Planetarium sungguh dapat menambahilmu pengetahun bagi sang buah hati.

planetarium

 

Kampung Main Cipulir (KMC)

Bertemakan wisata outdoor, Kampung Main Cipulir atau KMC menyediakan beberapa permainan outbond serta beberapa kegiatan alam. Berlokasi di Cipulir Jakarta Selatan, KMC memiliki games outbond yang cukup lengkap, seperti flying fox, atv, perahu unik, mini waterpark, dan kiddis rides camp. Areanya cukup luas, yaitu sekitar 3,5 hektar. Pengiapan ala Betawi serta restoran khas Sunda pun ada di sini. Permainan yang menantang keberanian, ketangkasan, dan kerja sama di KMC tidak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa pun bisa ikutan juga. Harga tiket masuk untuk menikmati outbond berbeda, untuk anak-anak IDR 10.000,- dan dewasa IDR 20.000,-. Salah satu area terunik disini yaitu kolam lumpur yang sangat luas. Di kolam lumpur, kita bisa bermain tarik tambang, polo air, sampai gebuk bantal ala permainan Agustus-an. Bayangkan bermain sambil berolah raga menjaga keseimbangan badan, kemudian berkotor-kotoran di lumpur. Pasti seru sekali!

kampung main cipulir

Memerah Sapi di Cibugary

Cibugary Garden Dairy adalah sebuah kawasan peternakan sapi perah dan kambing bernuansa kebun. Terletak di Cibubur Jakarta Timur, pemilik tempat ini sengaja menjadikan kawasan peternakan menjadi area edukasi bagi anak-anak, terutama edukasi tentang peternakan sapi dan kambing serta manfaatnya. Kegiatan yang disediakan Cibugary sangat beragam, mulai dari memerah sapi, memberi makan sapi, memandikan sapi, melihat proses pasca panen susu sapi, piknik, dan bermain di taman. Selain sapi perah, di sini terdapat sapi potong sehingga anak-anak dapat membedakan antara sapi perah dan sapi potong. Untuk berkunjung ke Cibugary, paket wisata yang disediakan bervariasi, dari IDR 30.000,- sampai IDR 50.000,-. Khusus untuk melihat proses pemerahan sapi, pengunjung yang datang berkelompok sebaiknya membuat janji dulu dengan pemiliknya.

cibugary

Bermain dan belajar di Perpustakaan Propinsi DKI Jakarta

Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta telah menyediakan area wisata indoor yang lengkap dengan tempat belajar, yaitu Perpustakaan Propinsi DKI Jakarta. Tidak seperti perpustakaan yang kaku, penuh buku, dan rak-raknya yang tinggi, perpustakaan propinsi yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki ini memberikan aksen interior yang berwarna-warni. Memang target pembaca perpus ini adalah anak-anak, terbukti dengan dilengkapinya area perpus dengan berbagai permainan menarik seperti lego, mini playground, dan mobil-mobilan.

The Playground

 

Satu lagi tempat wisata outdoor yang nyaman untuk anak-anak, The Playground bertempat di kawasan Kemang Jakarta Selatan. Kawasan bermain ini meyediakan permainan yang toddler friendly, karena bisa dipakai mulai dari anak berumur 2 tahun. Permainannya sangat beragam, mulai dari perosota, ayunan, bak pasir, dan sebagainya. Permainan seperti ini sangat cocok untuk membangung keberanian dan kepercayaan diri sang anak, serta melatih rasa kerjasama dan dapat meningkatkan jiwa sosialisme, karena sang anak bisa berinteraksi dengan yang lainnya. Permainan air pun tersedia di sini, sangat disarankan untuk membawa baju ganti. Untuk masuk ke sini, setiap anak yang didampingi oleh 2 pendamping dikenakan biaya total IDR 75.000,-.

 

ref image: www.productivemamas.com

ref image: www.productivemamas.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *