Yang Hijau dan Seru Di Taman Wisata Alam Angke Kapuk

TWA angke kapukBosan dengan suasana kota Jakarta yang panas dan selalu sibuk? Ingin suasana hijau dan tenang untuk tour Jakarta anda? Gak selalu harus keluar dari Jakarta untuk bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau. Pasalnya selain sejumlah taman kota dan berwisata ke Kepulauan Seribu, kota Jakarta masih memiliki sejumlah tempat yang asri dan yang pasti suasananya lebih sejuk. Selain itu tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan yang pasti bisa jadi salah satu tempat yang patut dikunjungi jika anda termasuk pecinta narsis ūüėČ Tempat tersebut adalah¬†Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau yang juga dikenal dengan Pantai Indah Kapuk karena berada di Jl.¬†Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. TWA Angke Kapuk meruapakan salah satu dari¬†tiga¬†hutan mangrove yang ada di Muara Angke. Selain keberadaannya sebagai salah satu tempat konservasi mangrove dan mencegah erosi pantai agar tak semakin parah, hutan ini juga menjadi tempat rekreasi dan edukasi untuk mengenal mangrove lebih dalam dan turut menjaga kelestarian alam.

twa angke kapukDengan lokasinya yang berada di area perumahan Pantai Indah Kapuk (PIK), ada banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju TWA Angke Kapuk. Jika menggunakan angkutan kota anda harus beberapa kali ganti jurusan, berbeda jika menggunakan bus Transjakarta. Meski sama-sama membutuhkan waktu yang lama, namun paling tidak bisa lebih nyaman dan tidak khawatir kepanasan karena telah ber-AC. Ada dua rute yang bisa dipilih. Pertama dengan bus transjakarta jurusan halte Monas yang kemudian dilanjutkan dengan Bus Kota Terintegrasi Busway yang menuju Pantai Indah Kapuk. Anda tinggal turun di Yayasan Budha Tzu Chi dan mengikuti papan penunjuk untuk menuju TWA Angke Kapuk. Rute yang kedua naik kendaraan yang sama menuju arah Pluit atau koridor 12 dan turun di halte penjaringan. Selanjutnya disambung dengan menggunakan angkot B01 dengn jurusan Muara Karang dan turun di izza Hut Muara Karang. Perjalanan berlanjut dengan angkot U11 dengan jurusan PIK hingga tiba di Yayasan Budha Tzu Chi.

angke kapuk roadLuas area TWA Angke Kapuk mencapai 99, 82 Ha dengan sebagian besar tanamannnya berjenis mangrove. Untuk masuk ke area ini anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp10.000. Pemandangan hijau yang rimbun langsung menyambut anda sejak pertama kali datang. Anda bisa mengelilingi taman wisata alam ini dengan menyusuri jalan bambu yang sengaja dibangun untuk kemudahan pengunjung kala mengelilingi kawasan ini. Terdapat sebuah kantin, dan merupakan satu-satunya kantin yang ada di sana, bisa dijumpai 100 meter dari jalan utama. Anda bisa mengisi perut dengan sejumlah makanan dan minuman instan yang ditawarkan kantin tersebut karena untuk masuk ke TWA Angke Kapuk tidak diperkenakan membawa makanan dan minuman. Selain itu sebaiknya anda membawa smartphone dengan kualitas kamera yang baik jika anda ingin mengabadikan momen anda di TWA Angke Kapuk. Karena camera pocket ataupun SLR tidak diperkenakan digunakan di sana. Jika ketahuan petugas bisa-bisa anda dikenai denda sebesar Rp 1juta. Sangat disayangkan memang karena pemandangan yang ditawarkan sebenarnya sangat indah dan akan semakin terlihat indah kala diabadikan dengan kamera beresolusi tinggi.

boat twa angke kapukSelain berjalan kaki, anda juga bisa mengelilingi TWA Angke Kapuk dengan menyewa boat yang muat antara 6 hingga 8 orang dengan biaya sebesar  Rp 250.000 dan Rp 350.000. Atau jika anda ingin berkano anda bisa merogok kocek sebesar Rp 100.000 untuk berkano selama 45 menit. Anda pun bisa berpartisipasi dalam penanaman mangrove dengan membayar Rp 150.000 atau Rp 500.000 jika ingin disertai papan nama anda. Jika anda ingin lebih lama lagi tinggal di TWA Angke Kapuk anda bisa menyewa rumah tenda yang tebuat dari kayu dan memiliki bentuk yang cukup unik. Rumah-rumah ini bisa dihuni untuk 2 orang dengankamar mandi luar. Ada beberapa tipe yang bisa dipilih, yang tentunya harganyapun bervariasi, seperti rumah tenda di atas tanah, rumah tenda di atas air tanpa AC, dan rumah tenda di atas air dengan AC. Selain itu juga terdapat villa untuk menginap rame-rame.

ruamh tenda angke kapukCukup komplit bukan fasilitas yang ditawarkan oleh¬†Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Jadi kalau ingin suasana sejuk dan tenang serta belajar tentang alam, gak perlu jauh ke Puncak atau sekitarnya. Karena Jakarta juga punya wisata alam ditengah terik dan padatnya aktivitas¬†kota metropolitan ini ūüôā

Refrensi:

http://malesmandi.com/2014/11/11/beberapa-fakta-tentang-taman-wisata-alam-angke-kapuk/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *